Whitemon dan Xepher Jadi Orang Indonesia Pertama Siap Tampil di The International 10 T1 di WePlay Animajor. (Foto: Instagram/matthew_filemon)

SEPULUH tahun penantian penggemar Dota 2 di Indonesia akhirnya dijawab Kenny ’Xepher’ Deo dan Matthew ‘Whitemon’ Filemon. Keduanya bermain sebagai Support di tim asal Korea Selatan, T1, akan memperebutkan total hadiah terbesar sepanjang masa, USD 40 juta atau sekitar Rp 569 miliar.

“Terima kasih T1 dan, sudah membantu saya masuk kualifikasi ke TI 10. Tentunya kami akan melakukan yang terbaik di major dan TI ini,” kata Matthew.

Kalau di Dota 2, setiap pemain pasti punya mimpi untuk bisa duduk di tengah megahnya panggung TI, dan disaksikan seluruh dunia. Selain hadiahnya bikin bengong, penggemar gim juga akan bertemu para pro player dari tim-tim terbaik, seperti Nigma, OG, Evil Geniuses, hingga Virtus Pro.

Sepanjang sejarah dari awal sampai di edisi ke-10, belum ada satu pun pemain Indonesia tampil di turnamen skala internasional tersebut. Mereka sempat ikut beberapa kualifikasi, tapi di tengah jalan harus merelakan tiket TI ke tim lainnya.

Baca juga:

Seri Dokumenter Piala Dunia Dota 2 'True Sight: The International 9' Segera Rilis

T1 merupakan organisasi esports memulai debutnya di kancah Dota 2 pada akhir 2019 lalu sebelum pandemi. Roster pertama dari divisi Dota 2 T1 digawangi dua pemain asal Indonesia, Tri ‘Jhocam’ Kuncoro dan Muhammad ‘inYourdreaM’ Rizky. T1 merombak ulang rosternya karena medapatkan hasil kurang memuaskan dengan menggaet empat mantan pemain Geek Fam yang juga diperkuat dua pemain Indonesia, Whitemon dan Xepher.

T1 saat ini diperkuat 23Savage (Carry), Karl (Mid), Kuku (Offlane), Xepher (Support), dan Whitemon (Support).

Sebelum di T1, Xepher pernah memperkuat beberapa tim besar, seperti RRQ, Geek Fam, dan TNC Tigers bersama Daniel ‘Dendi’ Ishutin. Signature hero harus diwaspadai ketika melawan Xepher adalah Earth Spirit, Rubick, dan Earthshaker.

Sedangkan Whitemon sebelumnya bergabung dengan EVOS dan menjadi perwakilan Indonesia di ESL One Hamburg, Jerman pada 2018 silam. Hero andalan Whitemon adalah Grimstroke, Oracle, dan Disruptor.

Sama seperti Liga Champions di sepak bola, TI juga punya persyaratan mewajibkan sebuah tim berada di urutan tertentu. Valve selaku perusahaan menaungi TI, mengundang 10 tim terbaik dunia untuk bisa berpartisipasi di ajang paling bergengsi tersebut.

Baca juga:

Segera Digelar Dota 2 The International 2021

“Akhirnya mimpi kami terwujud juga dari tim yang luar biasa ini. Terima kasih untuk para pendukung dan semoga kami dapat tampil baik di major dan TI ini,” kata Kenny.

Whitemon dan Xepher berhasil mengamankan tiket TI 10 setelah menekuk tim Aster 2-0 di WePlay Animajor, Rabu (9/6). Pertandingan kedua baru berjalan 24 menit, tim Aster melakukan GG called. Dalam video cuplikan pertandingannya, terlihat roster T1 begitu senang sampai melompat-lompat di belakang gaming chair usai mengalahkan Aster. Kemenangan ini cukup bagi T1 untuk mengamankan peringkat enam besar, setidaknya mendapatkan 300 poin Dota Pro Circuit.

Dua pemain berbakat ini sudah tidak asing lagi dengan turnamen berskala internasional. Whitemon sudah dua kali berlaga di Major, sedangkan Xepher telah mencicipi turnamen tersebut sebanyak empat kali.

Jadi Orang Indonesia Pertama, Whitemon dan Xepher Siap Tampil di The International 10
Total hadiah di TI 10. (Foto: Esportz Network)

TI 10 awalnya direncanakan pada Agustus 2020 namun ditunda karena pandemi COVID-19. Kini, TI 10 siap digelar di Stockholm, Swedia, pada 5-15 Agustus 2021.

Langkah baru dua gamers Negeri Aing tentu menjadi kabar baik bagi industri esports tanah air. Terbukti jika pemain-pemain di Negeri Aing enggak kalah jago dengan pemain tim luar terutama sudah pernah terjun di TI. Hal ini bisa menjadi awal tumbuhnya benih-benih pemain Dota 2 terbaik Indonesia agar menjadi pemain kelas dunia.

Selamat untuk Whitemon dan Xepher. (and)

Baca juga:

Tembus Rp506 Miliar, Dota 2 The International 10 Jadi Turnamen dengan Hadiah Terbesar di Dunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Viu Cari Talenta Muda Seni Peran
Fun
Viu Cari Talenta Muda Seni Peran

Viu ingin menggali potensi bakat talenta muda dalam seni peran.

Aerowolf Limax Siap Wakili Indonesia di PMPL SEA Finals
Fun
Aerowolf Limax Siap Wakili Indonesia di PMPL SEA Finals

Aerowolf Limax berhasil menjadi juara turnamen PUBG Indonesia setelah menjalani pertandingan menegangkan selama tiga hari.

Tidak Ada Pandemi di Shanghai Fashion Week
Fashion
Tidak Ada Pandemi di Shanghai Fashion Week

Shanghai Fashion Week menjadi obat penikmat fashion.

Rad Power Bikes Hadirkan Sepeda Listrik dengan Baterai Terintegrasi
Fun
Rad Power Bikes Hadirkan Sepeda Listrik dengan Baterai Terintegrasi

Selain baterai, beberapa suku cadang juga hadir pada sepeda listrik ini.

Facebook Larang Iklan Aksesori Senjata dan Peralatan Militer
Fun
Facebook Larang Iklan Aksesori Senjata dan Peralatan Militer

Facebook benar-benar mempermasalahkan konten iklan ini.

‘M to the B’ Bella Poarch Jadi Video Paling Viral di TikTok 2020
Fun
‘M to the B’ Bella Poarch Jadi Video Paling Viral di TikTok 2020

Video lipsync lagu M to the B-nya berhasil ditonton 530 juta kali.

Batal Pensiun, Liam Neeson Perankan Perampok Bank di 'Honest Thief'
ShowBiz
'Alice in Borderland' Bakal Rilis Desember di Netflix
ShowBiz
'Alice in Borderland' Bakal Rilis Desember di Netflix

Serial ini adalah adaptasi dari manga bergenre thriller

Inilah Sebab Kemampuan Bahasa Inggris RM BTS di Atas Rata-Rata
ShowBiz
Inilah Sebab Kemampuan Bahasa Inggris RM BTS di Atas Rata-Rata

Guru Bahasa Inggris profesional sebutkan alasan kemampuan Bahasa Inggris RM BTS di atas rata-rata

Game 'Sonic' PS5 Buatan Dreams Dinilai Lebih Baik dari Sega 3D
Fun
Game 'Sonic' PS5 Buatan Dreams Dinilai Lebih Baik dari Sega 3D

Penggemar game 'Sonic' yang mengatakan hal ini.