Jadi Ketua DPR, Ini Pidato Pertama Puan Maharani Puan Maharani saat memberikan keterangan di Ruang Fraksi PDI Perjuangan, Kompleks Parlemen, Senayan, (Selasa (1/10) siang. (Foto: MP/Kanu)

MerahPutih.com - Puan Maharani terpilh sebagai Ketua DPR 2019-2024 melalui rapat paripurna penetapan dan pelantikan pimpinan DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (1/10) malam. Puan diusulkan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2019.

Setelah sidang pengambilan sumpah pimpinan DPR, Puan Maharani langsung memberikan pidato pertama melalui podium sebagai Ketua DPR. Hal pertama yang ia sampaikan sebelum memulai pidato yaitu penghormatan kepada Megawati Soekarnoputri, Presiden kelima RI, yang juga sang ibu. Sebelum pidato itu, Megawati juga sempat berfoto bersama dengan pimpinan di depan sidang.

Baca Juga:

Jadi Ketua DPR Perempuan Pertama, Puan Maharani: Pecah Telur

Dalam pidatonya, Puan berjanji membawa DPR lebih dekat kepada masyarakat. Dalam istilahnya, gedung DPR disebut sebagai "rumah rakyat". "Kami akan membawa DPR sebagai lembaga modern, terbuka, dan aspiratif. DPR sebagai rumah rakyat yang sesungguhnya," kata Puan.

Puan Maharani saat memberikan keterangan di Ruang Fraksi PDI Perjuangan, Kompleks Parlemen, Senayan, (Selasa (1/10) siang. (Foto: MP/Kanu)
Puan Maharani saat memberikan keterangan di Ruang Fraksi PDI Perjuangan, Kompleks Parlemen, Senayan, (Selasa (1/10) siang. (Foto: MP/Kanu)

Puan juga menekankan bahwa DPR tidak antikritik. Tetapi, ia mengajak masyarakat agar tidak mudah terjebak dalam penilaian yang salah. Puan mengimbau masyarakat bersikap objektif dalam menilai DPR.

"DPR representasi rakyat, sehingga gedung DPR adalah rumah rakyat. Kita akan selalu terbuka terhadap setiap aspirasi dan masukan dari masyarakat," kata Puan yang waktu pelantikan mengenakan kebaya merah.

Baca Juga:

Puan Maharani Ketua DPR, Sufmi Dasco dan Rachmat Gobel Jabat Wakil

Puan juga mengajak kepada anggota DPR agar senantiasa ingat pada tujuan bernegara yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Puan Maharani (kanan) bersama sang ibu Megawati Soekarnoputri. (Foto: instagram.com/puanmaharaniri)
Puan Maharani (kanan) bersama sang ibu Megawati Soekarnoputri. (Foto: instagram.com/puanmaharaniri)

Ia juga menyinggung tentang tantangan DPR kini yang semakin berat. Ada era kemajuan zaman, industri 4.0, dan era digital yang menuntut kerja keras setiap anggota.

"Penting anggota dewan untuk meningkatkan kapabilitas untuk merespons perkembangan zaman, bagi kemajuan masyarakat, bangsa, dan negara yang kita cintai ini," kata Puan Maharani.

Diketahui, pimpinan DPR 2019-2024 yaitu Puan Maharani sebagai Ketua DPR, dan empal Wakil Ketua DPR, yaitu Aziz Syamsuddin dari Fraksi Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, Rachmat Gobel dari Fraksi Nasdem, dan Muhaimin Iskandar dari PKB. (*)

Baca Juga:

Seusai UU MD3, Puan Maharani Duduki Kursi Ketua DPR


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH