Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Berapa Kekayaan Megawati?

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 13 Oktober 2021
Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Berapa Kekayaan Megawati?
Tangkap layar Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada Megawati Soekarnoputri yang baru dilantik sebagai Dewan Pengarah BRIN. ANTARA/Desca Lidya Natalia

MerahPutih.com - Megawati Soekarnoputri resmi dilantik menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10).

Lantas berapa kekayaaan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu?

Berdasarkan data dari acch.kpk.go.id yang dilihat Merahputih.com, Megawati terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 29 Maret 2021 dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Baca Juga:

Sah! Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tersebut, perempuan kelahiran Yogyakarta, 23 Januari 1947, ini tercatat memiliki harta kekayaan sebanyak Rp 214,61 miliar.

Harta Megawati terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak. Untuk harta tidak bergerak, Megawati tercatat memiliki 29 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 201,456 miliar.

Ketua Dewan Pengarah UKP PIP Megawati Sukarnoputri memberikan sambutan saat pembukaan Festival Prestasi Indonesia di Jakarta, Senin (21/8). (ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Megawati Sukarnoputri memberikan sambutan saat pembukaan Festival Prestasi Indonesia di Jakarta, Senin (21/8). (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Aset tanah dan bangunan milik Megawati tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Pandeglang, Tangerang, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Bandung, Cianjur, dan Bogor.

Sementara untuk harta bergerak, Presiden ke-5 RI ini tercatat memiliki 15 kendaraan senilai Rp 3,701 miliar.

Kendaraan milik Megawati yakni Mobil Volvo Sedan; Honda Astrea; Mobil VW Sedan; Mobil Toyota Crown Sedan; Mobil Nissan Truck, dan Mobil Suzuki Katana.

Baca Juga:

Kader PDIP Berhak Dukung Ganjar Meski Tidak Direstui Megawati

Kemudian Mobil Toyota Kijang; Motor Honda Astrea Grand; Mobil Mitshubishi Grandis; Mobil Audi Sedan; Mobil Range Rover Jeep; Mobil Mercedes Benz Sedan; Mobil BMW Sedan; Mobil Land Rover Minibus; dan Mobil Mitshubishi Eclipse Cross.

Megawati juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 1,908 miliar. Putri Proklamator RI ini juga tercatat memiliki surat berharga senilai Rp 581,500 juta. Megawati juga memiliki kas dan setara kas senilai Rp 6,967 miliar. (Pon)

Baca Juga:

Kubu Moeldoko Minta AHY-SBY Jelaskan soal Tudingan Megawati Gulingkan Gus Dur

#Megawati Soekarnoputri #BRIN
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan