Jadi Fotografer Andal, ini Rahasianya Menjadi fotografer andal tidaklah mudah.(foto: Pixabay-Pixel2013)

MEREKA yang memiliki kamera yang bagus belum bisa disebut sebagai fotografer profesional. Setiap fotografer memulai karier caranya amsing-masing. Ada yang belajar sendiri, ada yang mengikuti kelas daring, atau ada juga yang bergabung dengan komunitas.

Seperti dilansir Creative Live, untuk menjadi fotografer tidak hanya masalah teknis, tapi juga komitmen kamu untuk bisa menantang diri sendiri, dan bertarung dengan waktu. Berikut beberapa tips untuk menjadi fotografer andal.

BACA JUGA: Efektifkah Kursus Daring?

1. Mulai Dulu

fotografi
Memulai terlebih dahulu. (Foto: Pixabay-Trinhkein91)

Menurut Mark Twain, salah satu penulis terkenal sekaligus entrepreneur Amerika, rahasia untuk memulai ialah memulai dulu. Hal ini juga berlaku untuk dunia fotografi. Telusuri foto-foto lama kamu atau foto dari seorang fotografer yang kamu kagumi) dan catat apa yang kamu sukai dan apa yang kamu benci dari setiap foto tersebut. Mulailah mengikuti beberapa blog fotografi atau mendaftar untuk kursus fotografi pemula secara daring.


2. Perbanyak Gambar

fotografi
Perbanyak melakukan pemotretan. (foto: Pixabay-Jonas Svidras)

Kejutan terbesar untuk menjadi fotografer ialah pengalaman. Semakin banyak gambar yang kamu sering ambil, semakin banyak kamu bisa mengevaluasi perkembangan yang sudah dilewati. Kamu semakin tahu setiap kondisi harus cocok dengan komposisi kamera yang seperti apa. Saat kamu mengambil foto-foto awal , lihat dan tentukan apa yang kamu sukai dari foto itu, dan apa yang tidak kamu suka. Hal itu akan membantu memberi kamu arahan saat Anda terus mengembangkan keterampilan kamu.

3. Kenali Kameramu

fotografi
Kenali kameramu(foto: Pixabay-Dzako83)

Sangat penting untuk mengenal kameramu lebih dalam. Ketahui batasan-batasan kameramu, untuk dapat hasil yang maksimal. Kemudian mulai mengenal setiap lensa yang kamu pakai. Sebagian besar lensa memiliki 'sweet spot' lebih tajam daripada yang lain yang mungkin perlu kamu gunakan ketika ketajaman sangat penting.

4. Kuasai Dasar-Dasar Fotografi

fotografi
Mempelajari teknik-teknik dasar. (foto: Pixabay-Free Photos)

Menguasai dasar-dasar fotografi berarti harus meninggalkan model otomatis dalam kamera dan mulai dengan manual. Itu berarti kamu mempelajari tiga hal penting untuk pencahayaan: kecepatan rana, apertur, dan ISO. Setiap pengaturan memengaruhi seberapa terang atau gelap gambar itu, dan seberapa banyak gambar kamu dalam fokus. Selain pencahayaan, pelajari dasar-dasar teknik dan komposisi fokus. Ini adalah hal-hal yang memungkinkan kamu untuk mulai mengambil gambar secara kreatif.(nic)

BACA JUGA: Menakjubkan, Inilah Peta Terbaru Bulan


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH