Jadi Favorit, Kegiatan Ekskul ini Ternyata Bermanfaat Kegiatan ekskul memberi berbagai manfaat buat siswa. (foto: pixabay/stocksnap)

MUSIM libur telah berakhir dan sekarang saatnya kamu kembali ke sekolah. Meskipun sekolah tempat belajar, enggak melulu kan duduk dalam kelas. Tentu saja akan menjadi membosankan.

Sekolah juga mengadakan kegiatan ekstrakulikuler atau sering disingkat ekskul. Selain untuk menghilangkan kebosanan sekaligus waktu bergaul bersama teman-teman, ternyata ekskul juga memiliki manfaat lainnya. Berikut daftar ekskul favorit yang bermanfaat.

BACA JUGA: Gaul Iya, Nilai Bagus 'Yes', ini Triknya


1. Olahraga

olahraga
Bisa pilih futsal hingga basket. (foto: Instagram @shsanglo)

Hampir tidak ada sekolah yang tidak memiliki ekskul olahraga dan jenisnya pun bermacam-macam. Mulai dari futsal, basket, hingga badminton. Ekskul olahraga biasanya diminati siswa laki-laki dan jumlah partisipannya banyak.

Manfaat dari ekskul olahraga tentu saja menyehatkan tubuh karena aktivitas olahraga memaksa badan untuk mengeluarkan keringat, yang juga membawa keluar racun dari dalam tubuh. Selain itu, dengan bermain dalam tim, para siswa juga diajarkan untuk dapat bekerja sama dengan teman satu tim.

2. Musik

musik
Bermain musik banyak manfaat. (foto: Instagram @shsanglo)

Mengikuti ekskul musik sangat menguntungkan karena bermain musik memiliki banyak manfaatnya. Menurut Hellosehat.com, orang-orang yang bermain musik memiliki koordinasi dan konsentrasi yang baik, pikiran yang tajam, dan dapat mengontrol suasana hati. Terlebih lagi kamu dapat menemukan teman untuk bertukar pikiran soal ilmu musik.

3. Tari

tari
Menari melatih fleksibilitas tubuh. (foto: Instagram @smktridaya)

Berbeda dengan ekskul olahraga, ekskul yang satu lebih banyak disukai oleh siswa perempuan. Entah itu tari tradisional atau modern, kamu melatih tubuh kamu agar menjadi fleksibel dengan menari. Kamu juga mengeluarkan keringat saat menari layaknya berohlaraga. Selain itu, jika menari dalam kelompok, kamu juga melatih kerja sama dan koordinasi agar tarianmu seirama dengan kelompok tarimu.

4. Bela diri

bela diri
Bela diri melatih disiplin. (foto: Instagram @bidan_meli_gkb)

Latihan bela diri yang biasanya ketat akan membuat kamu menjadi disiplin, sigap bertindak, dan percaya diri. Layaknya menari dan olahraga, dengan latihan bela diri kamu juga mengeluarkan keringat yang tentunya bagus untuk tubuhmu. Kemampuan bela diri pun berguna sampai kamu dewasa nanti jika suatu hari kamu terkena masalah.

BACA JUGA: Mau Berlari Cepat? Terus Berlari Resepnya

5. Klub debat

debat
Melatih keberanianmu bicara depan umum. (foto: prasetya.ub.ac.id)

Meskipun kelihatannya sulit, klub debat bisa jadi salah satu ekskul yang perlu kamu pertimbangkan. Dengan mengikuti klub debat, kamu terbiasa berbicara di depan orang banyak, dapat berpikir kritis dan cepat, dan tentunya kaya akan pengetahuan. Terlebih lagi jika kamu tergabung dalam klub debat bahasa asing seperti Inggris atau Jepang.

6. Pasukan pengibar bendera (Paskibra)

paskibra
Bisa mengemban tugas membanggakan. (foto: Instagram @shsanglo)

Buat kamu yang percaya diri kamu bisa mencoba ekskul Paskibra. Selain melatih disiplin, kerjas ama, dan koordinasimu, ikut paskibra juga akan membuatmu terkenal di sekolah karena selalu terlihat saat sedang upacara. Namun, jangan jadikan ketenaran sebagai alasan utamamu ya karena mengibarkan bendera Merah Putih bukan tugas yang sepele.

7. Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah

OSIS
Belajar tentang kepemimpinan. (foto: smp3panggang.sch.id)

Meski menjadi pengurus OSIS bukan dihitung sebagai ekskul, menjadi pengurus OSIS juga punya manfaat lebih layaknya ekskul lainnya. Dengan menjadi pengurus OSIS, kamu belajar tentang kepemimpinan dan juga bagaimana bekerja dalam organisasi. Kamu juga dilatih untuk kreatif dalam mencari solusi.(asep)

BACA JUGA: Dari Drama Hingga Tangis Canda Tawa di Hari Pertama Masuk Sekolah TK



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH