Jadi 'Event Organizer' Sukses Dalam Dua Hari Unleashed membicarakan induatri kreatif di bidang pengorganisasian acara. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

INDUSTRI kreatif saat ini berkembang pesat. Hal tersebut mendorong perkembangan event organizer. Jumlah event organizer saat ini bertambah dua kali lipat dari sebelumnya.

Bergelut di dunia ini terlihat menyenangkan. Kita memiliki jam kerja lebih fleksibel dan berkesempatan untuk bertemu para pekerja seni. Tak jarang kita bisa menikmati musik atau premier film secara gratis.

Kesenangan tersebut berbanding lurus dengan tantangan yang dihadapi di lapangan. Kita dituntut oleh klien untuk menghasilkan karya yang keren, spektakuler dan sulit dilupakan.

Untuk bisa menghasilkan acara yang super keren, kita harus mempersiapkan berbagai aspek secara matang. Mulai dari membuat konsep sematang mungkin, mencari sponsor, hingga hal-hal teknis lainnya.

Salah satu komunitas event organizer Indonesia bernama Backstagers berinisiatif untuk menjadi wadah bagi para event creator.

Para anggota yang telah malang melintang di dunia event organizer tersebut ingin berbagi pengalaman dengan audience yang hadir di acara bertajuk Unleashed.

1. Profesional penuh

unleashed
Krisnanto Sutrisman (kanan) dan Hari Kurniawan (dua dari kanan) mengajak PLN dan LOKET (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

"Bekerja di bidang event organizer bukanlah pekerjaan sampingan. Kami ingin semua yang bergelut di bidang EO bisa menjadi profesional. Misi kami yakni pemerataan skill untuk seluruh pekerja EO di seluruh Indonesia," ujar Founder Backstagers Indonesia, Krisnanto Sutrisman.

Acara yang akan digelar pada Sabtu (16/2) dan Minggu (17/2) di CIBIS Business Park, Warehouse 207 tersebut melibatkan expertise di berbagai bidang.

Lebih dari 20 pembicara yang ahli dalam bidang industri ini akan membagikan pengalamannya. Hal-hal yang akan dibagikan selama dua hari yakni strategi marketing event, teknis pelaksaan event, pengetahuan tentang teknologi terbaru pendukung event, hingga tips dan trik kesuksesan suatu event.

2. Pembicara profesional

unleashed
Hari "Awil" Kurniawan menjelaskan lokasi acara (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

"Untuk hal-hal yang bersifat teknis, guest speaker yang akan mengisi acara Unleashed bukan orang sembarangan. Mereka adalah orang-orang kompeten di bidang digital, sound system, lighting system hingga manajemen artis," urai Founder Backstagers Indonesia lainnya, Hari Kurniawan.

Acara tersebut semakin seru dengan ikut sertanya PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan LOKET. PLN akan sharing tentang electric systematic. "Mereka akan menjelaskan kepada kita semua bagaimana mengatur kebutuhan listrik untuk suatu acara," ujar Hari Kurniawan yang kerap disapa Awil. Sementara LOKET akan menjelaskan tata cara menjual tiket secara offline dan online.

Menurut Vice President Consumer Solution LOKET, Rama Adrian, potensi pertumbuhan event di tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu. Karena inovasi teknologi yang semakin memudahkan masyarakat dalam menjelajah event-event baru secara lebih cepat dan personal. "Kami akan menjelaskan bagaimana membuat pengelolaan event berskala kecil dan menengah terasa lebih profesional layaknya event berskala besar," jelas Rama.

Di acara tersebut, kita juga bisa melihat barbeque party oleh Indonesia Chef Association, food truck dari Komunitas Food Truck Jakarta, hingga olahraga rekreasi lempar pisau oleh Jakarta Knife Throwing. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH