Kesehatan
Jadi Clean Freaks dan Ajak Semua Orang Melakukan Hal yang Sama Menggunakan sabun antiseptik yang menjamin bebas kuman. (Foto: Unsplash/United Nations covid-19 response)

BIASANYA kalau balik dari kampus langsung masuk ke kamar. Tidak pernah berpikiran untuk bersih-bersih terlebih dahulu. Langsung lempar tas dan rebahan.

Namun sejak pandemi semuanya berubah 180 derajat. Begitu menginjak kaki di rumah, sebelum lepas sepatu semprot dulu pakai disinfektan dari ujung kepala sampai ujung kaki. Clean freaks!

Baca juga:

Masker Ini Mampu Menahan Partikel Lebih Kecil dari Tepung

bersih
Mengeluarkan isi tas dan membersihkan setiap benda di dalamnya. (Foto: Unsplash/Dean Pugh)

Enggak satu bagian pun akan terlewat dari tetesan disinfektan, bahkan semua isi tas dikeluarin dan dibersihin satu per satu. Pertama dari dompet dulu, kalau sekarang anti banget deh yang namanya pakai uang tunai, mendingan non tunai lebih aman. Semua kartu aku bersihin pakai sanitizer, casing ponsel juga ikut dilepas dan dicuci. Karena pandemi ini aku juga membedakan antara casing untuk keluar rumah dan di rumah. Wajar enggak sih?

Itu baru tahapan pertama, tahap berikutnya jangan lupa buang masker (kalau emang sekali pakai ya). Kalau masker kain mesti langsung direndam dan dicuci. Next stepnya mandi dan enggak kalah penting musti pakai sabun antiseptik yang kalau bisa baunya obat banget deh, biar kerasa kalau bebas dari kuman gitu. Ini bukan tutorial ya, tapi ini semua yang aku harus dilakuin biar merasa lebih aman dari semua bakteri yang enggak nampak batang hidungnya.

Baca Juga:

Penelitian: Seorang Pria Dikonfirmasi Dua Kali Terinfeksi Virus Corona

bersih
Clean Freaks, semenjak pandemi semua produk kebersihan harus wajib dimiliki. (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)

Rasanya enggak afdol kalau cuma aku doang yang ngelakuin semua kegiatan clean freak ini. Orang-orang disekitarku juga aku seret untuk ikut rangkaian kegiatan bebas kuman setelah beraktivitas dari luar rumah. Aku paling enggak bisa ngelihat ada casing ponsel yang dipakai dari luar rumah tergeletak di atas ranjang. Pasti aku sudah ngomel dan langsung suruh lepas casingnya. Sayangnya enggak semua orang bisa ikutin rules bebersih ini dan berujung melihat aku seperti lebay banget.

Enggak jarang orang malah jadi ngomel balik ke aku,"apaan sih lebay banget, biasa aja lah lagian udah disemprot disinfektan". Meski pun kena omelan balik dari orang-orang rumah, aku tetap merasa wajar dan memang itu prioritasku. Apalagi untuk mereka yang dari luar dan mau mampir. Siapa pun yang datang harus benar-benar bebersih. Kalau enggak aku bisa naik darah melihat mereka yang tidak peduli dengan kebersihan di masa pandemi ini.

Di titik tertentu aku juga merasa capek melakukan kegilaan ini. Apalagi kalau mesti semprat-semprot sana sini. Namun, itu juga dilakuin buat kebaikan diri sendiri dan bersama sih. Intinya rumah, terutama kamar itu mesti menjadi tempat yang paling steril dari kuman-kuman. (ren)

Baca Juga:

Hindari Penggunaan Masker dengan Ventilasi!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Enam Tipe Cemburu. Kamu Tipe yang Mana?
Fun
Enam Tipe Cemburu. Kamu Tipe yang Mana?

Berikut enam jenis cemburu yang harus kamu ketahui.

Album 'GODSIGMA' Sajama Cut Sarat akan Ungkapan Spontan Emosi
ShowBiz
Album 'GODSIGMA' Sajama Cut Sarat akan Ungkapan Spontan Emosi

GODSIGMA menjadi album kelima Sajama Cut sepanjang karir mereka selama dua dekade.

Tatiana Maslany Menyangkal Jadi She-Hulk
ShowBiz
Tatiana Maslany Menyangkal Jadi She-Hulk

Padahal kabar yang beredar dirinya sudah pasti jadi She-Hulk.

TikTok akan Pindahkan Kantor Pusat ke Inggris, Ada Apa?
Fun
TikTok akan Pindahkan Kantor Pusat ke Inggris, Ada Apa?

Informasi itu berasal dari seorang sumber yang mengaku mengetahui hal itu.

5 Tarian TikTok yang Viral di Sosial Media, Cocok untuk Seru-Seruan!
Fun
5 Tarian TikTok yang Viral di Sosial Media, Cocok untuk Seru-Seruan!

TikTok kini telah menjelma menjadi aplikasi yang digandrungi banyak orang di seluruh dunia.

Permen Karet Khusus untuk Gaming dari Razer
Fun
Monas Hadirkan Pertunjukan Cantik di Akhir Tahun, Jangan Dilewatkan
Travel
'Zenimation', Seri  Terbaru Disney dengan Suasana Menenangkan
Fun
'Zenimation', Seri Terbaru Disney dengan Suasana Menenangkan

Seri terbaru ini tersedia di Disney Plus.