Jadi Aktivis kopi, Rio Dewanto Bergabung dengan Komunitas Pecinta Kopi Rio Dewanto (MerahPutih.com / Albi)

Aktor Rio Dewanto semakin membuktikan kecintaannya dengan kopi. Setelah memiliki kedai kopi kini ia mengaku menjadi aktivis kopi. Berbagai kegiatan ia lakukan untuk menghargai perindustrian kopi di Indonesia.

Kegiatan yang ia lakukan di antaranya adalah memberikan solusi-solusi kepada pelaku industri kopi. Bisa kepada pemilik usaha kopi hingga petani kopi. Hal tersebut ia ungkapkan saat ditemui di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Kamis (29/3).

"Salah satunya itu bertemu dengan pelaku industri kopi untuk cari tau problem apa sampai detik ini dan kita terus perjuangkan itu semua," paparnya.

Tidak hanya itu saja, Rio juga semakin menimba ilmu tentang kopi dari hulu hingga ke hilir. Seperti misalnya ia memiliki pohon kopi di rumahnya untuk diteliti kualitasnya. Dengan cara menemukan metode perawatan pohon kopi.

Selain itu, ayah satu anak ini juga melakukan eksperimen agar menghasilkan seduhan kopi terbaik. Untuk itu Rio juga bergabung dengan sebuah komunitas kopi bernama Viva Barista yang melakukan kegiatan mengkurasi kopi.

"Di rumah research tentang kopi cara buat kopi yang baik, ketika batang bercabang atau harus dipotong cara biar kualitasnya baik gimana dengan kurasi ini menurut saya penting untuk bisa akses yang lebih luas lagi," tambahnya.

Lebih lanjut, Viva Barista turut bekerjama dengan perusahaan E Commerce ternama Indonesia, Elevenia untuk semakin memudahkan penjualan kopi. Terlebih biji kopi langka yang sulit ditemukan.

Sehingga melalui satu market place, Viva Barista bersama Elevenia ingin memasarkan produk kopi lebih luas dengan target pangsa pasar utama para anak muda.

"Kurang lebih kita berkolaborasi untuk mengkurasi kopi-kopi di Indonesia yang mengajak juga petani kopi untuk bisa jualan kopi untuk market lebih muda. Sekarang kan problem yang mengharuskan dateng ke suatu daerah jauh akses susah kita buat satu wadah mempermudah bisa beli kopi yang mereka cari," imbuhnya.

Sekadar Informasi, Viva Barista awalnya adalah sebuah acara program televisi. Melalui acara itu bertujuan merangkul para pecinta kopi untuk semakin mengembangkan rasa keingintahuan dan kecintaan tentang industri kopi yang ada di Indonesia.

"Awalnya program tv yang pengen mengajak komunitas kopi untuk bergabung untuk terus mengembangkan kopi di Indonesia jadi bukan coffe shop tapi wadah untuk menghubungkan ke konsumen," tutupnya. (Ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH