Jacoweek 2021
Jacoweek 2021 Ditutup dengan Final Jagobrew dan Raffle Livin & Livinpoin Jacoweek 2021 ditutup dengan final Jagobrew.

JAKARTA Coffee Week (Jacoweek) 2021 memasuki hari terakhir pada Minggu (28/11) malam. Kendati demikian, hal tersebut tidak menyurutkan semangat orang-orang untuk menyambangi tempat penyelenggaraan acara yang digelar di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara itu. Terpantau hingga malam penutupan Jacoweek 2021 pengunjung masih antusias.

Kopi tentu saja menjadi primadona. Apalagi sejumlah tenant menawarkan kopi gratis dari biji kopi terbaik di seluruh Indonesia. Namun, ada hal lain yang tidak kalah menarik dari penyelenggaraan Jacoweek 2021. Di hari penutupan Jacoweek 2021 diramaikan dengan babak final kompetisi menyeduh kopi Jagobrew. Tiga orang barista memperebutkan tempat pertama. Mereka adalah Baim Muhammadd, Putri Novita, dan Mayda Refiyanti.

Baca Juga:

Mengenal 2 Biji Kopi Spesial dari Filosofi Kopi di Jacoweek 2021

Sebelum berlaga pukul 17.30 ketiga finalis mempersiapkan berbagai keperluan. Mereka meletakkan cangkir, teko, dan biji kopi di atas meja. Tampak gurat gugup di wajah mereka. Walaupun tidak bisa menutupi kegugupan, mereka tetap berusaha mempersiapkan semua sebaik mungkin. Sembari ketiga finalis bersiap-siap, Head of Judges, Hiro Lesmana coba mengungkapkan harapannya kepada ketiga finalis.

"Harapannya kopi seduhan para peserta balance. Mulai dari acidity (tingkat keasaman), bitterness (pahit), sweetness (manis), body semuanya harus balance," urai Hiro.

"Jangan sampai ada negativity yang tersisa," lanjutnya. Negativity atau aroma negatif adalah adanya kecacatan dalam proses peracikan. Hal tersebut menyebabkan kualitas kopi menurun.

Juara 1 Jagobrew. (Foto: merahputih.com/Iftinavia Pradinantia)

Setelah Hiro menyampaikan harapannya atas cita rasa kopi racikan para barista, mereka mulai beraksi. Ketiganya mampu menyelesaikan racikan kopi dalam kurun waktu delapan menit. Mereka sudah sangat menguasai seluruh proses penyeduhan meski latihan dalam waktu singkat.

"Latihan cuma 10 hari, karena waktu itu di kasih biji kopinya tepat 10 hari sebelum lomba," ungkap finalis asal Makassar, Baim. Mereka pun coba memaksimalkan waktu yang ada. Mereka juga terus berlatih selama 10 hari menggunakan biji kopi dari pihak penyelenggara hingga akhirnya bisa melenggang ke babak final.

Para finalis harus menunggu selama satu jam untuk mengetahui siapa dari ketiganya yang menjadi juara. Detik demi detik begitu mereka nantikan dengan tidak sabar.

Baca Juga:

Mengenal Proses Pengolahan Kopi dengan Ultrasonik di Jacoweek 2021

Waktu yang ditunggu pun tiba. Sebelum mengetahui siapa yang menjadi pemenang Jagobrew, panitia terlebih dahulu mengumumkan pemenang undian Raffle Livin & Livinpoin Jacoweek 2021. Undian tersebut diberikan kepada para pengunjung yang mengisi data diri untuk kupon Livin & Livinpoin.

Total ada lima hadiah utama menanti para pengunjung beruntung dalam Raffle Livin & Livinpoin Jacoweek 2021. Hadiah tersebut antara lain Espresso Machine Smeg, Grinder Machine Smeg, Drip Machine Smeg dan beasiswa sekolah kopi dari ABCD School.

Pengunjung yang beruntung tersebut antara lain Henny Wirawan (Beasiswa ABCD School), Felicia Parmenas (Beasiswa ABCD School), Marshali (Espresso Machine Smeg), Susanto Gunawan (Grinder Machine Smeg), dan Weldan Wiliam Daniel (Coffee drip Machine Smeg).

Setelah pengumuman undian Raffle Livin & Livinpoin Jacoweek 2021, tibalah pengumuman pemenang Jagobrew. Jagoan 3 Jagobrew 2021 adalah Putri Novita, Jagoan 2 Jagobrew 2021 Mayda Refiyanti dan Baim Muhammadd keluar sebagai juara pertama.

Salah satu pengunjung yang beruntung memenangi raffle. (Foto: merahputih.com/Iftinavia Pradinantia)

"Jujur awal itu enggak nyangka. Di satu sisi enggak expect menang tapi di sisi lain ada beban tersendiri. Enggak enak juga sama bos karena sudah dikirim jauh-jauh dari Makasar. Masa iya ke sini cuma untuk jalan-jalan?," cetus pria yang berada di bawah bendera Kopiteori tersebut.

Baim pun membagikan rahasianya bisa keluar sebagai juara. "Kuncinya optimis aja dan terus latihan," ungkap pria kelahiran 22 Agustus 1994 tersebut.

"Dari awal dikasih slot kopi terus latihan. Sampai Jakarta pun kami masih latihan di hotel," lanjutnya.

Tips berikutnya menurut Baim adalah dengan berdiskusi dan meminta masukan dari banyak orang. "Jangan kasih coba ke satu orang aja. Kalo dicoba banyak orang jadi sharing. Kalo versi si A kurangnya apa, kalo menurut si B kurangnya apa."

Keluar sebagai pemenang, Baim berhak membawa pulang piala, uang tunai dan Grinder Machine Nordic Pmx- 60. (avia)

Baca Juga:

Beangasm Kolaborasi dengan Roastery Asal Swedia di Jacoweek 2021

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hacker Sebar Data Rahasia Pasien Rumah Sakit di DarkWeb
Fun
Hacker Sebar Data Rahasia Pasien Rumah Sakit di DarkWeb

Data sejumlah pasien Rumah Sakit di Amerika Serikat dibobol dan disebar ke darkweb oleh peretas.

‘Drowned In The Sun’ Lagu Baru Nirvana yang Tercipta lewat Kecerdasan Buatan
ShowBiz
‘Drowned In The Sun’ Lagu Baru Nirvana yang Tercipta lewat Kecerdasan Buatan

Lagu ini masuk dalam proyek Lost Tapes of the 27 Club.

Donasi Tabung Oksigen sebagai Jembatan Kebaikan Tanggulangi COVID-19
Hiburan & Gaya Hidup
Donasi Tabung Oksigen sebagai Jembatan Kebaikan Tanggulangi COVID-19

Total donasi yang diberikan Toyota senilai Rp 1,55 miliar.

Prolog Fest 2021 Padukan Konser Musik dan Vaksinasi
ShowBiz
Prolog Fest 2021 Padukan Konser Musik dan Vaksinasi

Prolog Fest akan memadukan antar konser musik dengan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi para penikmat musik, khususnya anak kawula muda

Ada 4 Jenis Selingkuh yang Perlu Kamu Tahu
Fun
Ada 4 Jenis Selingkuh yang Perlu Kamu Tahu

Bukan hanya kontak fisik, berikut jenis perselingkuhan yang kerap terjadi.

Sandiaga Uno Apresiasi Video 'Yuk Vaksin'
Fun
Sandiaga Uno Apresiasi Video 'Yuk Vaksin'

Menghadirkan beberapa pelaku kreatif.

Agensi HYBE Hadirkan Museum Musik untuk Penggemar
Fun
Agensi HYBE Hadirkan Museum Musik untuk Penggemar

Menampilkan beragam visual tentang K-pop.

Bersiap, Akan Ada Kolaborasi Spesial dari Deadsquad dan Isyana Sarasvati
ShowBiz
Bersiap, Akan Ada Kolaborasi Spesial dari Deadsquad dan Isyana Sarasvati

Berawal dari unggahan gitaris Deadsquad yang manampilkan momen latihan bersama Isyana Sarasvati di sebuah studio.

Oxtrade IFeLeague 1, Kompetisi Sepak Bola Virtual Terbesar di Indonesia
Fun
Oxtrade IFeLeague 1, Kompetisi Sepak Bola Virtual Terbesar di Indonesia

OXTRADE IFeLeague 1 (Indonesian Football e-League1) merupakan sebuah kompetisi sepakbola virtual yang bekerjasama dengan club-club profesional di Indonesia, baik Liga 1 dan Liga 2.

Begini Cara Mengatasi Milia
Fun
Begini Cara Mengatasi Milia

Milia berkembang ketika serpihan kulit terperangkap di bawah permukaan kulit.