MotoGP

Jack Miller Menang di MotoGP Jepang, Bagnaia Terjatuh

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 25 September 2022
Jack Miller Menang di MotoGP Jepang, Bagnaia Terjatuh
Jack Miller menang di MotoGP Jepang. (Foto: MotoGP)

PEMBALAP Ducati Lenovo Team, Jack Miller, berhasil membuat kejutan dengan tampil sebagai pemenang pada seri ke-16 MotoGP musim 2022 di Sirkuit Motegi, Jepang. Ia tampil fenomenal sejak awal balapan, memimpin hampir di seluruh putaran, dan tak bisa terkejar oleh siapapun.

Kemenangan Miller hari ini menjadi yang pertama baginya pada musim 2022 dan yang keempat sepanjang kariernya di MotoGP. Meski memulai balapan dari posisi ketujuh, ia mampu menyusul pembalap-pembalap di depannya dengan cepat sehingga langsung memimpin dari putaran ketiga.

Pembalap Australia itu sukses menyelesaikan 24 putaran dengan keunggulan 3,409 detik dari Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing yang berada di posisi kedua. Podium ketiga diisi oleh pembalap Pramac Racing-Ducati, Jorge Martin.

Baca juga:

MotoGP Kembali ke Asia, Jepang Jadi Perhentian Pertama

Bagnaia terjatuh saat berupaya mengejar Quartararo. (Foto: MotoGP)

Performa sensasional juga ditunjukkan oleh juara dunia delapan kali, Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu memulai balapan dari pole position, tapi sempat kesulitan pada awal balapan. Ia tercecer dari posisi tiga besar dan harus tertahan di posisi kelima, di belakang pembalap Red Bull KTM Factory Racing, lainnya Miguel Oliveira.

Namun, mental dan nyalinya tak berhenti di situ, sebab Marquez ingin menjadikan balapan di Jepang kali ini sebagai tes bagi tubuhnya. Ia kemudian berhasil menyalip Oliveira yang berada di depannya, dua putaran menjelang garis finis. Oliveira tak memberi perlawanan balik, dan harus puas finis pada posisi kelima.

Hasil kurang memuaskan justru diperoleh tiga pembalap penantang gelar juara dunia, yakni Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, dan Francesco Bagnaia. Quartararo harus puas finis di posisi kedelapan, usai posisi start yang kurang baik. Sementara rival terdekatnya, Bagnaia, justru terjatuh di lap krusial, hanya beberapa tikungan sebelum garis finis.

Baca juga:

Espargaro alami masalah dari motornya. (Foto: MotoGP)

Bagnaia terjatuh saat berupaya mengejar Quartararo di putaran terakhir. Ia mencoba menyalip pembalap Perancis itu saat memasuki sebuah tikungan sempit. Kondisi ban yang mulai aus mungkin menyebabkan pembalap Italia itu kehilangan cengkeraman dan membuatnya tersungkur di area pasir.

Penantang gelar juara dunia lainnya, Espargaro, justru finis di posisi yang lebih bontot lagi, yaitu posisi ke-16. Ia sempat tercecer hingga ke posisi paling belakang setelah motornya mengalami masalah saat lampu merah padam tanda balapan dimulai. Ia kemudian bergegas ke pit untuk menukar motor dan langsung kembali balapan dari posisi buncit.

Beberapa nama lain yang DNF alias gagal finis antara lain Alex Rins, Tetsuta Nagashima, Takuya Tsuda, dan Darryn Binder.

Baca juga:

MotoGP Siapkan Penghormatan Terakhir untuk Ratu Elizabeth II di Aragon

#MotoGP
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan