Bos Perusahaan Teknologi Ini Sarankan Karyawannya Bercinta 6 Kali Seminggu Jack Ma sarankan pegawainya bercinta 6 kali dalam 6 hari.

PENDIRI perusahaan besar berbasis teknologi Alibaba, mendorong agar karyawannya bercinta sebanyak 6x dalam seminggu. Ia mengemukakan alasannya bahwa bercinta dapat mendorong seseorang untuk lebih bersemangat. Tak hanya itu ia juga mengatakan bahwa bercinta dapat menyimbangkan antara kehidupan bekerja dengan pribadi.

Ia memiliki filosofi 669 yang merupakan kependekan dari enam kali dalam enam hari untuk mencapai sembilan. Sembilan dalam bahasa Mandarin bisa terdengar seperti kata ‘panjang’ atau kekal. Inipun kebalikan dari budaya bekerja di Tiongkok 996. Yakni dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam selama 6 hari. Jam kerja di tiongkok selama 72 jam selama seminggu dan itu bukan jam lembur. Namun bekerja hingga larut malam sepertinya bukan masalah di sana, sebab dengan demikian seseorang dapat menunjukan dedikasinya pada pekerjaan.

alibaba
Alibaba perusahaan teknologi terbesar. (Foto: foshansourcing)

Ma yang mengungkapkan filosofi 669 pada acara pernikahan 102 pasangan yang salah satu pasangannya adalah pekerja di Alibaba. Baginya bekerja dengan konsep 996 tidak ada salahnya justru membuatnya bahagia. Sayangnya perkataannya yang keluar di publik pada April lalu memancing kontroversi. Pengorbanan untuk maju memang diperlukan

Jam kerja yang panjang di Tiongkok memang menjadi isu yang sudah lama diperbincangkan. Pada bulan Maret lalu sekelompok developer mulai membangun proyek yang disebut 999.icu. Seolah grup ini hendak mengatakan bahwa bekerja dengan konsep itu hanya akan membuat orang terbaring di ICU.

jack ma
Jack Ma sempat kontroversi dengan konsep 996. (Foto: manufacturingglobal)

Sebenarnya waktu bekerja sudah diatur dalam hukum ketenagakerjaan di Tiongkok. Dalam aturannya disebutkan bahwa bekerja dalam sehari delapan jam atau 40 jam dalam seminggu. Sementara lembur hanya diperbolehkan selama 36 jam per bulan.

Terlepas dari hari kerja. Setiap bulan Mei, perusahaan ini merayakan Hari Ali, dimana pasangan-pasangan yang bekerja pada Alibab ikut dalam pesta pernikahan. Dalam kesempatan itu juga diundang karyawan yang berasal dari luar negeri untuk datang ke markas Alibaba di Hangzhou. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH