Jack Ma Tak Kunjung Muncul ke Publik Setelah Kritik Pemerintah Tiongkok

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 05 Januari 2021
Jack Ma Tak Kunjung Muncul ke Publik Setelah Kritik Pemerintah Tiongkok
Jack Ma tak kunjung muncul ke publik usai mengkritik pemerintah Tiongkok (Foto: mainichi)

MILLIARDER Tiongkok, Jack Ma, diduga hilang setelah tak terlihat dihadapan publik selama kurang lebih dua bulan, menyusul kritiknya terdapat sistem keuangan negara Tiongkok.

Sebelumnya, pendiri platform e-commerce Alibaba tersebut, berbicara tentang regulator 'pegadaian' dan bank-bank milik negara Tiongkok pada Oktober 2020.

Baca Juga:

Jeff Bezos dan Elon Musk Pecahkan Rekor Kekayaan Baru di Tengah Pandemi

Seperti yang dilansir dari laman unilad.co.uk, selama pidato Shanghai, dia membandingkan peraturan perbankan negara dengan old people’s club sambil menyerukan reformasi.

Komentarnya diyakini telah membuat marah Presiden Xi Jinping dan Partai Komunis, hingga mendorong pemerintah Tiongkok untuk menindak keras bisnis Jack Ma.

Kritik yang dilayangkan Jack Ma membuat marah Presiden Tiongkok dan Partai Komunis (Foto: facebook/alibabagroupofficial)

Beberapa minggu kemudian, penawaran umum perdana Ant Group, sebuah perusahaan yang didukung oleh Jack Ma, dijadwalkan dengan nilai sekitar USD 35 miliar. Namun penawaran tersebut ditangguhkan, diduga atas perintah Presiden Xi, dengan regulator mengutip masalah utama.

Sejumlah tindakan pun telah dilakukan pada Alibaba, termasuk penyelidikan antimonopoli terhadap perusahaan, yang telah menghapus sekitar USD10 juta dari kekayaan bersihnya.

Baca Juga:

Elon Musk Ogah Divaksin Corona

Jack Ma dikabarkan belum meluncurkan tweet sejak 10 Oktober, dan baru-baru ini batal hadir di episode terakhir Africa’s Business Heroes, sebuah pertunjukan bakat yang menampilkan Jack Ma Foundation memberikan hibah bersama sebesar USD 1,5 juta, kepada wirausahawan baru Afrika.

Jack Ma akhirnya digantikan oleh salah satu pendiri perusahaannya, Lucy Peng. Foto Jack Ma juga telah dihapus dari halaman web juri, yang memicu kekhawatiran besar atas kesejahteraanya.

Kabar terakhir dari juru bicara Alibaba, mengatakan Jack Ma tak bisa hadir di sebuah acara karena masalah jadwal (Foto: xinhuadoc)

Berdasarkan laporan Financial Times, juru Bicara Alibaba mengatakan "Jack Ma tidak dapat menjadi bagian dari acara tersebut karena masalah jadwal."

Kekhawatiran akan kesejahteraan Ma terus meningkat, karena Presiden Xi dikenal tindakannya yang kejam dalam membungkam kritik internal.

Awal tahun ini, seorang investor properti kaya menghilang setelah menyebut presiden sebagai 'badut' karena cara dia menangani wabah COVID-19.

Ren Zhiqiang hilang selama enam bulan, dan kemudian dijatuhi hukuman 18 tahun penjara setelah diduga 'secara sukarela dan jujur', mengaku melakukan kejahatan korupsi.

Itu terjadi setelah miliarder Xian Jianhua diciduk dari sebuah hotel di Hong Kong pada tahun 2017, dan diterbangkan ke Tiongkok, di mana dia tetap menjalani tahanan rumah di lokasi yang tidak diketahui. (Ryn)

Baca Juga:

Heboh, Elon Musk Jualan Celana Pendek Merk Tesla

#Jack Ma #Orang Kaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan