Media Sosial
Jack Dorsey: Penonaktifkan Trump Benar, tapi Berbahaya CEO Twitter Jack Dorsey.(CNBC.com)

CEO Twitter Jack Dorsey menyatakan pelarangan Presiden AS Donald Trump dalam media sosial ciptaannya merupakan hal yang benar untuk dilakukan. Namun, dia menyatakan kesedihan atas apa yang dia gambarkan sebagai 'keadaan luar biasa dan tidak dapat dipertahankan' seputar penonaktifkan permanen akun Trump.

Dia juga mengatakan larangan itu sebagian merupakan kegagalan Twitter, yang tidak cukup membantu mendukung 'percakapan yang sehat' di seluruh platformnya. Twitter telah dipuji dan dikritik karena membekukan akun Trump.

BACA JUGA:

Snapchat Tutup Permanen Akun Donald Trump

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Meksiko Andres Manuel López Obrador yang bukan pendukung Presiden AS bahkan ikut berbicara menentang langkah raksasa teknologi itu.

Dalam utas Twitter yang panjang, CEO Twitter tersebut mengatakan dia tidak merayakan atau merasa bangga dengan larangan yang terjadi setelah kerusuhan Capitol minggu lalu.

twitter
Akun Twitter Presiden AS Donald Trump telah dinonaktifkan. (Foto: bangkokpost.com)

Dia menegaskan bahwa mengeluarkan presiden dari Twitter dilakukan setelah "peringatan yang jelas" kepada Trump. "Kami membuat keputusan dengan informasi terbaik yang kami miliki berdasarkan ancaman terhadap keamanan fisik baik di dalam maupun di luar Twitter," kata Dorsey seperti diberitakan Bbc.com, Kamis (14/1).

Dia juga menerima bahwa langkah tersebut akan memiliki konsekuensi bagi keberlangsungan internet yang terbuka dan gratis. "Keharusan mengambil tindakan ini memecah percakapan publik. Mereka memecah belah kita dan memberikan preseden yang menurut saya berbahaya," ujar Dorsey menambahkan.

Dia juga membahas kritik bahwa hanya segelintir bos teknologi yang dapat membuat keputusan tentang siapa yang memiliki dan tidak memiliki suara di internet dan tentang tuduhan penyensoran. "Sebuah perusahaan yang membuat keputusan bisnis untuk memoderasi dirinya sendiri berbeda dengan pemerintah yang mencabut akses, tapi dapat menjadi hal yang sama rasanya," kata Dorsey.

Keputusan untuk menghapus pengguna, kiriman dan tweet telah dikritik oleh beberapa orang karena melanggar Amandemen Pertama AS: hak bebas berpendapat.

Namun, Big Tech secara umum berpendapat bahwa karena mereka merupakan perusahaan swasta, bukan aktor negara, hukum tidak berlaku ketika mereka memoderasi platform mereka.

donald trump
Presiden AS Donald Trump memicu keriuhan di media sosial. (Foto: 123RFactionsports)

Pada Senin (11/1), Juru Bicara Kanselir Jerman mengatakan dia menemukan larangan media sosial 'bermasalah'. Dan presiden Meksiko berkata: "Saya tidak suka ada yang disensor."

Presiden terpilih AS Joe Biden mengatakan dia ingin perusahaan seperti Facebook dan Twitter berbuat lebih banyak untuk menghapus perkataan yang mendorong kebencian dan berita palsu.

Dia sebelumnya mengatakan ingin mencabut Pasal 230, undang-undang yang melindungi perusahaan media sosial dari tuntutan atas hal-hal yang diposting orang. Tidak jelas bagaimana Biden bermaksud untuk mengatur Big Tech dalam kepemimpinannya yang segera akan belangsung.(Aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Serial Edukatif Netflix untuk Balita
ShowBiz
5 Serial Edukatif Netflix untuk Balita

Rekomendasi serial edukasi berkualitas di Netflix yang cocok untuk balita.

Saint Laurent Beli 4 Ribu Pakaian Antik dari Labelnya Sendiri
Fashion
Saint Laurent Beli 4 Ribu Pakaian Antik dari Labelnya Sendiri

Namun, angka pasti dari penjualan tersebut masih dirahasiakan.

Fashion Item Wajib Masa Kini: Mask Chain
Fashion
Fashion Item Wajib Masa Kini: Mask Chain

Fungsi utamanya untuk memudahkan pengguna agar tidak meletakkan masker di sembarang tempat.

5 Kuil Terbaik di New Delhi, India, Fotografi Sangat Terbatas
Travel
5 Kuil Terbaik di New Delhi, India, Fotografi Sangat Terbatas

Kuil-kuil ini sangat terkenal sebagai destinasi wisata di India.

Shanghai Disneyland akan Buka Lagi dengan Aturan Ketat
Fun
Shanghai Disneyland akan Buka Lagi dengan Aturan Ketat

Shanghai Disneyland akan dibuka kembali pada tanggal 11 Mei dengan memberlakukan pembatasan.

Efek Samping Vaksin COVID-19 Bagi Pemilik Filler Wajah
Fun
Efek Samping Vaksin COVID-19 Bagi Pemilik Filler Wajah

Konsultasikan dulu ke dokter jika kamu habis filler wajah

Dahsyatnya Dampak Buruk Kabar Burung Pada Bisnis
Fun
Dahsyatnya Dampak Buruk Kabar Burung Pada Bisnis

Rumor yang tersebar ini telah merugikan berbagai perusahaan besar.

Far Cry 6 Rilis Februari 2021
Fun
Far Cry 6 Rilis Februari 2021

Telah dikonfirmasi dan siap diluncurkan pada 18 Februari 2021, Far Cry 6 akan tersedia di berbagai konsol game, termasuk Playstation 5.

5 Game PC Terbaik di 2021, Dijamin Bikin Ketagihan
Fun
5 Game PC Terbaik di 2021, Dijamin Bikin Ketagihan

Simak ulasan game-game PC terbaik di 2021.