Jabatan Habis 30 September, DPR Ngotot Bentuk Pansus Pemindahan Ibu Kota Gedung DPR/MPR. Foto: net/ist

MerahPutih.com - Masa jabatan tinggal kurang dari sebulan, tetapi DPR tetap bersikukuh menetapkan anggota Panitia Khusus (Pansus) tentang Pengkajian Pemindahan Ibu Kota yang terdiri atas 30 orang dari lintas komisi.

"Jadi yang mau ditetapkan adalah Pansus Pengkajian Pemindahan Ibu Kota, belum soal UU ya," kata Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali, saat dikonfirmasi, Senin (16/9).

Baca Juga:

Bagaimana Potensi Bencana Alam di Ibu Kota Baru Menurut Kajian BNPB?

Peta Penajam Paser Utara

Menurut Zainuddin, anggota Pansus akan ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI siang nanti. Dia beralasan, Presiden Jokowi telah mengirimkan surat ke DPR beserta lampiran kajiannya terkait pemindahan ibu kota dan DPR meresponsnya dengan membentuk pansus.

Zainuddin menjelaskan pansus akan mengkaji hasil kajian pemerintah tentang pemindahan ibu kota dan akan muncul sikap DPR terhadap kajian pemerintah tersebut.

"Nama-nama anggota pansus sudah masuk, kami akan rapat dahulu. Pansus seperti biasa ada 30 orang, PDIP paling banyak 6 orang dan Golkar 5 orang, saya salah satunya," tutur dia, dikutip Antara.

Baca Juga:

Menteri PUPR: Ibu Kota Baru Berkonsep City of the Forest

ibukota baru
Gagasan, rencana dan kriteria desain ibu kota negara (Bahan Paparan Kementerian PUPR)

Terkait masa jabatan DPR 2014-2019 yang bakal berakhir 30 September mendatang, Zainuddin memastikan bukan masalah. Meski demikian, dia memperkirakan pembahasan RUU tersebut akan dilakukan DPR RI baru periode 2019-2024.

Politikus Golkar itu memastikan kalau pansus sampai 30 September 2019 belum selesai bekerja, hasilnya tetap akan dilaporkan kepada pimpinan yang memberikan tugas kepada pansus.

"Dan pimpinan DPR akan melaporkan kepada periode berikutnya, dan itu bisa dilanjutkan. Batas akhir 30 September, selesai atau tidak selesai kami harus laporkan kepada pimpinan DPR yang memberikan tugas kepada kami," tutup dia. (*)

Baca Juga:

Peletakan Batu Pertama Jalanan Ibu Kota Baru Dilakukan Tahun Depan


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH