Jabat Menteri Sosial, Harta Idrus Marham Capai Rp 9,5 Miliar

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 17 Januari 2018
Jabat Menteri Sosial, Harta Idrus Marham Capai Rp 9,5 Miliar
Idrus Marham (kiri) seusai dilantik sebagai Menteri Sosial (Mensos) bersalaman dengan Presiden Jokowi, Jakarta, Rabu (17/1). (Foto Setkab)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Idrus Marham sebagai Menteri Sosial di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/1). Idrus menggantikan posisi Khofifah Indar Parawansa yang kini maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur.

Berdasarkan laman acch.kpk.go.id, Idrus terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 2009. Saat itu, Idrus menjabat sebagai anggota DPR tercatat memiliki harta sebesar Rp 9.531.079.160 dan US$ 40.000.

Harta kekayaan Sekretaris Jenderal Partai Golkar itu meningkat Rp 4 miliar. Pasalnya, saat melaporkan harta kekayaannya pada 2004 lalu, Idrus tercatat hanya memiliki harta Rp 5.199.680.160.

Pria kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan 55 tahun silam ini juga memiliki harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai Rp 7,9 miliar yang tersebar di sejumlah lokasi. Diantaranya di Kabupaten Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan di Makasar.

Selain itu, politisi Golkar kelahiran Sulawesi Selatan ini juga memiliki lima mobil mewah yaitu Toyota Harrier, Toyota Vellfire, Mercedes Benz, dan BMW X5.

Adapun harta bergerak milik mantan Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini lainnya, yakni berupa logam mulia, batu mulia yang seluruhnya senilai Rp 155 juta.

Karier politik peraih gelar doktor Ilmu Politik dari Universitas Gadjah Mada itu dimulai ketika menjadi anggota MPR pada 1997. Kemudian, Idrus menjadi anggota DPR dari Partai Golkar selama tiga periode 1999-2004, 2004-2009, dan 2009-2004 untuk daerah pemilihan III Sulawesi Selatan. Hingga menjadi Sekjen Partai Golkar dan mulai kini menjadi Menteri Sosial. (Pon)

Baca juga berita lain terkait di: Cantiknya Ridho Ekasari, Istri Idrus Marham dari Jurnalis Jadi Istri Menteri

#Idrus Marham #Menteri Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan