Jabar Hibahkan Enam Mobil dan 100 Sepeda Motor ke Polda Metro Jaya Penyerahan kendaraan dari Pemprov Jabar kepada Polda Metro Jaya di Bandung. (MP/Yugi Prasetyo)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyerahkan hibah kendaraan operasional kepada Polda Metro Jaya. Dukungan operasional itu untuk mendukung peningkatan kinerja kepolisian, serta berbagai operasi gabungan di daerah Jawa Barat yang masuk ke dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya, yaitu Kota dan Kabupaten Bekasi, serta Kota Depok.

Gubernur Jawa Barat Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menandatangani langsung berita acara penyerahan, serta menyerahkan secara simbolis kunci kendaraan kepada Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigjen (Pol) Purwadi Aryanto di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata No 1, Kota Bandung. Ada enam kendaraan yang dihibahkan oleh Pemprov Jawa Barat, yaitu dua Toyota Fortuner dan empat Toyota Innova dengan grade tertinggi Q.

"Adalah sebuah fakta yang unik karena di Jawa Barat ini poldanya ada dua (Polda Jawa Barat dan Polda Metro Jaya), Pangdamnya juga ada dua (Kodam III/Siliwangi dan Kodam Jaya/Jayakarta)," ujar Aher. Ditambahkan Aher, seperti diketahui Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, juga Kota Depok, masuk ke dalam struktur Polda Metro Jaya dan TNI di Kodam Jaya/Jayakarta.

Selain itu, pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan hibah 100 kendaraan bermotor roda dua dari Pemda Provinsi Jawa Barat kepada Polda Metro Jaya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa turut menandatangani berita acara penyerahan dan menyerahkan secara simbolis kunci kendaraan kepada Wakapolda Metro Jaya Brigjen (Pol) Purwadi Aryanto.

Wakalpolda Metro Jaya Purwadi Aryanto mewakili Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Idham Azis berterima kasih dan mengapresiasi Gubernur Ahmad Heryawan serta jajaran Pemprov Jawa Barat atas hibah kendaraan bermotor ini. Purwadi yakin dan percaya bahwa hibah tersebut akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tugas Polda Metro Jaya. Di mana tugas aparat kepolisian membutuhkan mobillitas cepat.

"Selain itu, kendaraan operasional ini dapat digunakan untuk kegiatan monitoring terhadap kegiatan Ditlantas dan Polres jajaran Polda Metro Jaya pada saat pelaksanaan pengamanan kegiatan masyarakat," kata Purwadi.

Dirinya pun berharap kerja sama ini bisa terjalin terus antara Polda Metro Jaya dan Pemprov Jabar.

"Saya berharap kerja sama ini dapat semakin dipertahankan bahkan ditingkatkan, sehingga Polda Metro Jaya selalu dan senantiasa memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat," beber Purwadi.

Dari keenam kendaraan roda empat tersebut, di antaranya ada kendaraan operasional yang akan digunakan untuk pengurusan surat kendaraan bermotor yang tidak melakukan daftar ulang. Untuk itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat Dadang Suharto menandatangani langsung berita acara penyerahan, serta secara simbolis menyerahkan kunci kendaraan kepada Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Halim Pagarra pada kesempatan yang sama.

"Tentu selama ini antara Bapenda (Jabar) dengan Polda Metro Jaya di tiga kabupaten/kota itu (Bekasi dan Depok), selalu bekerja sama dalam urusan pajak kendaraan bermotor dan Samsat," tutur Aher.

Untuk kendaraan roda dua, pada tahun ini Pemprov Jawa Barat akan menyerahkan 1.200 unit sepeda motor. Masing-masing 500 unit sepeda motor untuk Polda Jawa Barat dan Kodam III/Siliwangi dan masing-masing 100 unit sepeda motor untuk Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya/Jayakarta. Sepeda motor ini akan digunakan untuk operasional pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Cuti Kampanye, Ridwan Kamil Ngontrak Dua Rumah

Kredit : yugi

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH