Jabar Cuma Dapat Pasokan Vaksin 1 Juta Dosis Per Minggu

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 25 Agustus 2021
Jabar Cuma Dapat Pasokan Vaksin 1 Juta Dosis Per Minggu
Vaksinasi COVID-19. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Untuk mencapai kekebalan komunal minimal 37,9 juta warga Jabar harus divaksin COVID-19. Pemprov Jawa Barat (Jabar) pun, berupaya mengejar target vaksinasi COVID-19 harian sebanyak 500 ribu dosis, dengan menggelar Gebyar Vaksinasi COVID-19 pada 28 Agustus 2021.

Wakil Ketua Divisi Vaksinasi Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, agar gebyar vaksinasi sukses, butuh kolaborasi dengan stakeholders mulai dari TNI, Polri, perguruan tinggi, swasta, komunitas, sampai masyarakat.

Baca Juga:

Atusiasme Warga Pandeglang Mengikuti Program Vaksinasi COVID-19 JHL Groups

"Kami buka sebesar-besarnya untuk organisasi dan mitra di Jabar dalam pelaksanaan tanggal 28 Agustus nanti. Karena keterbatasan, maka kolaborasi semua pihak menjadi hal utama," katanya.

Atalia mengajak tokoh agama dan masyarakat ikut menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat agar mau divaksin. Hal ini karena cukup banyak warga yang menolak untuk divaksin karena berbagai alasan.

Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Dedi Supandi mengatakan kemampuan Jabar dalam vaksinasi semakin membaik. Pada Juli, rata-rata kecepatan vaksinasi 69.000 per hari. Pada Agustus meningkat pesat 164.000 per harinya.

Khusus untuk 28 Agustus nanti, menurutnya target vaksinasi sebanyak 461.000 orang sudah tercapai. Saat ini menurutnya, sudah terdaftar hingga 548.906 orang. Jumlahnya masih akan terus bertambah dan diperkirakan mencapai 600.000 orang.

Vaksinasi
Vaksinasi COVID-19. (Foto: Humas Kota Bandung)

"Mereka terdaftar di faskes, sentra vaksin, sekolah, pesantren hingga mal. Sangat antusias untuk ikut," katanya.

Ketua Harian Satgas COVID-19 Jabar Dewi Sartika mengungkapkan, untuk gebyar vaksinasi akan menggunakan semua jenis vaksin yang sudah tersedia. Hingga saat ini, Jabar sudah menerima 16,3 juta vaksin, di mana 83 persen sudah digunakan.

"Idealnya Jabar mendapatkan pasokan vaksin sebanyak 15 juta dosis per bulan atau 3,5 juta per minggu. Namun sampai saat ini hanya mendapatakan pasokan 1 juta dosis per minggu. Ini belum proporsional dengan jumlah warga Jabar untuk mencapai kekebalan kelompok," katanya. (Imanha/ Jawa Barat)

Baca Juga:

Gibran Percepat Vaksinasi COVID-19 untuk 75.000 Pelajar

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #COVID-19 #Jawa Barat
Bagikan
Bagikan