Jabar Akan Terima Pengungsi Rohingya Aksi peduli Rohingya di depan Gedung Sate, Bandung, Jumat (8/9). (MP/Yugi Prasetyo)

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terbuka bila nanti ada pengungsi Rohingya ditempatkan di wilayah Jawa Barat. Hal itu diungkapkan Aher, sapaan akrab gubernur, di sela-sela aksi peduli Rohingya di depan halaman Gedung Sate, Bandung, Jumat (08/09).

"Kalau pemerintah mengizinkan dan mengarahkan untuk ke Jawa Barat ya kita terima dengan tangan terbuka," ucap Aher.

Ditambahkan pada prinsipinya dengan nama kemanusian semua pihak harus membantu. Bahkan, Aher mencontohkan bahwa Indonesia pernah menerima pengungsu dari Vietnam di Pulau Galang, Batam.

"Dulu bisa menerima pengungsi dari Vietnam di Pulau Galang begitu negaranya sudah aman mereka kembali lagi ke Vietnam," ungkap Aher.

Tentunya pihaknya pun tidak akan ceroboh menerima begitu saja tetapi harus melalui mekanisme yang jelas dari pemerintah pusat.

"Kita gak mau teledor semuanya harus melalui izin dari pemerintah pusat," terangnya.

Sebelumnya, ratusan orang yang terdiri dari ormas Islam, organisasi kepemudaan dan organisasi massa lainnya longmarch dalam aksi peduli Rohingya. Bahkan sebelum long march, Gubernur Ahmad Heryawan menjadi imam khatib salat Jumat di Mesjid Pusdai.

Dalam khutbahnya berkali-kali Aher mengajak untuk bersama-sama mendoakan saudara muslim di Rohingya. "Ketika kita tidak bisa membantu dalam bentuk fisik maka bantulah dengan cara mendoakan agar Allah selamatkan mereka," seru Aher.

Aher pun memimpin long march dari Pusdai hingga Gedung Sate yang jataknya tak kurang dari 1 kilometer itu. Gema takbir pun terus berkumandang di sela-sela long march.

Menurut Aher sudah semestinya konflik di Rohingya dihentikan karena sudah memakan banyak jiwa. "Mungkin kita semua sepakat untuk yang berada di belahan dunia mana pun konflik yang menimbulkan korban jiwa itu harus dihentikan," tegas Aher yang disambut tema takbir. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Dari Gedung Sate, Aher Lanjutkan Orasi Peduli Rohingya Di Pusat Perbelanjaan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH