Izinkan Liga 1 dan Liga 2 Bergulir, Ini Pesan Kapolri Listyo untuk PSSI dan Suporter

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 31 Mei 2021
Izinkan Liga 1 dan Liga 2 Bergulir, Ini Pesan Kapolri Listyo untuk PSSI dan Suporter
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan Operasi Ketupat 2021 di Pejagan, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (9/5) (Ist)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutuskan untuk memberikan izin Liga 1 dan Liga 2 untuk kembali bergulir tahun ini. Namun, mantan Kabareskrim itu berpesan kepada PSSI dan suporter untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pernyataan tegas itu disampaikan Kapolri Listyo saat menyerahkan izin keramaian kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021-2022 kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/5).

Baca Juga

Polri Terbitkan Izin Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

"Dari hasil diskusi kami memutuskan memberikan izin keramaian dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," ucap Listyo

Kapolri Listyo menuturkan pemberian izin ini telah melalui dikusi yang dilakukan bersama Menpora, Kemenkes, BNPB dan Satgas COVID-19.

Menurut Sigit, pihak kepolisian bakal melakukan pengawasan dan evaluasi berkala saat nanti bergulirnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 itu. Pasalnya, apabila ditemukan pelanggaran maka aparat tak segan untuk memberikan sanksi yang pastinya akan menyangkut dari pertandingan itu sendiri.

“Kegiatan akan kami evaluasi sehingga pelanggaran prokes berpengaruh terhadap proses pelaksanaan liga,” ujar Sigit.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyerahkan izin keramaian pertandingan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021-2022 kepada Menpora Zainudin Amali di Gedung Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/5/2021) (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyerahkan izin keramaian pertandingan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021-2022 kepada Menpora Zainudin Amali di Gedung Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/5/2021) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Sigit menyebut, izin Liga 1 dan Liga 2 dikeluarkan lantaran dalam evaluasi pelaksanaan Piala Menpora dinilai cukup berjalan dengan baik. Meskipun, diakui Sigit, di akhir-akhir masih terdapat adanya sedikit pelanggaran yakni konvoi sekelompok suporter usai turnameni tersebut.

Mantan Kapolda Banten itu menegaskan, seluruh pihak penyelenggara harus memastikan peristiwa konvoi suporter sepak bola tidak akan kembali terulang di pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2.

Maka penyelenggaran liga sepak bola beberapa waktu lalu tentu menjadi bagian dari evaluasi Polisi.

"Beberapa waktu lalu penyelenggaraan sudah cukup bagus, tapi yang kami sayangkan masih terjadi arak-arakan di akhir pertandingan yang potensial menimbulkan klaster COVID-19,” ucap Sigit.

Polri akan mempertimbangkan apakah pertandingan boleh ada penonton atau tidak, keputusan itu melihat perkembangan angka kasus COVID-19 pada bulan Juli. Sigit pun mengimbau kepada para suporter untuk memberikan dukungan kepada timnya dengan sama-sama menjaga protokol kesehatan.

"Kalau kita mencintai tim kesayangan yang akan tampil di Liga 1 dan Liga 2, harapkan para suporter mendukung sama-sama menjaga terkait aturan prokes, karena pelanggaran terhadap prokes tersebut akan berdampak pada penyelenggaraan kegiatan pertandingan," kata Kapolri.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali menjelaskan, penyelenggaraan Liga 1 dan Liga musim 2021-2022 berbeda dengan musim di tahun sebelumnya karena berlangsung di masa pandemi.

Kalau pada saat normal sistem dilakukan 'home the way' artinya semua berputar di tempat-tempat klub sepak bola berada.

"Karena ini pandemi diputuskan dengan sistem 'bubble' dan semua pertandingan dipusatkan di pulau Jawa dengan beberapa kluster," kata Amali.

PSSI berencana menggelar Liga 1 2021-2022 mulai awal Juli 2021, antara tanggal 3 sampai 7, hingga Maret 2022. Sementara Liga 2 akan bergulir 14 hari setelah sepak mula Liga 1 dan diproyeksikan berakhir pada Desember 2021. (Knu)

Baca Juga

Format Baru Liga 1 dan Liga 2 2021

#Kapolri Listyo #Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo #Liga 1 #Liga 2 #Zainudin Amali
Bagikan
Bagikan