Iwan Bule Menuju Ketum PSSI, Manajer Persib Bergerak Bentuk Tim Pemenangan Komjen Pol Muhammad Iriawan (kiri) bersama ibunda (tengah). (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Komjen Pol Mochamad Iriawan mendapat banyak dorongan untuk mau mencalonkan diri sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI. Salah satunya keluar dari mulut Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Tak tanggung-tanggung, Umuh Muchtar pun mengatakan siap untuk membentuk tim pemenangan atau koalisi jika mantan Kapolda Jawa Barat itu mau mencalonkan diri untuk merebut kursi teratas di PSSI tersebut.

"Insya Allah menggerakan ya. Harus lah. Kenapa Pak Iwan? Orang tidak tahu latar belakangnya. Dia itu tidak punya masalah. Asli orang Jawa Barat juga. Semuanya dari dia baik," ujar Umuh.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

Dukungan ini bukan tanpa alasan. Umuh mengatakan bahwa dirinya sedari dulu sudah memperhatikan track record M Iriawan jika dipercaya dalam satu jabatan.

"Kemarin menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat semuanya bagus. Sangat-sangat menyenangkan. Kalau Pak Iwan yang maju dari dulu, (PSSI) semuanya akan kondusif," kata Umuh.

M Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule kini menjabat sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Ia juga merupakan mantan Kapolda Jawa Barat yang menjadi Pembina Persib Bandung sejak 2009.

Pria yang lahir pada 31 Maret 1962 tersebut juga pernah menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri serta Plt Gubernur Jawa Barat.

Seperti yang telah disinggung di atas, Iwan Bule tak hanya didukung oleh Umuh Muchtar seorang. Ia juga didukung menjadi Ketum PSSI oleh Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) DKI Jakarta, Uden Kusumawijaya, Ketua Asprov Jawa Barat (Jabar), Tommy Apriantono, dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Yunus Nusi.

Meski begitu, Umuh Muchtar yakin Iwan Bule bersikap tidak menganakemaskan Persib jika menjadi Ketum PSSI. Seperti diketahui, Iwan Bule merupakan Pembina Persib.

"Tidak lah itu. Persib kan berhak mencalonkan sosok. Kalau saya siap, kemarin juga saya bisa menjadi Ketua Umum PSSI ya kan?" ujar Umuh.

Saat ini, PSSI masih menunggu surat balasan FIFA untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Sekaligus rekomendasi untuk kapan menggelar KLB yang tepat. (bolaskor.com)

Baca Juga:



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH