Iwan Bule Bangga Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Piala Asia 2024

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 13 September 2023
Iwan Bule Bangga Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Piala Asia 2024
Mantan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Jakarta, Selasa (12/9/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

MerahPutih.com - Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 Mochamad Iriawan bangga setelah Timnas Indonesia U-23 meraih satu tiket ke putaran final Piala Asia U-23 2024

Menurut Iriawan, keberhasilan yang dicapai Garuda Muda merupakan buah dari proses panjang. Pilar-pilar Timnas Indonesia U-23 seperti Pratama Arhan, Rizky Ridho, dan Witan Sulaeman adalah bagian dari skuad Timnas Indonesia U-19 yang sempat dikirim berlatih di Kroasia pada saat kepemimpinan Iriawan.

Baca Juga

Timnas U-23 Lolos ke Piala Asia U-23, Erick Thohir: Kita Pertahankan Tradisi Kemenangan di Qatar

Kemudian, dua pemain keturunan yang tampil gemilang selama babak kualifikasi, Ivar Jenner serta Rafael Struick juga mulai menjalani proses naturalisasi saat PSSI masih dinahkodai Iriawan. Proses panjang itu pun berbuah manis saat keduanya mengambil sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada 22 Mei 2023.

Karena itulah Iriawan bangga mereka saat ini telah berhasil menjadi tulang punggung Tim Merah Putih. Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar setelah meraih hasil sempurna di kualifikasi.

"Semua ada prosesnya. Seperti dulu pernah saya sampaikan, kita semua ini berproses, dan memang tidak mudah. Dan Alhamdulillah sekarang semua publik bisa melihat bagaimana penampilan mereka. Mereka kan kami yang berangkatkan ke Kroasia, dan memang dukungan Pak Jokowi luar biasa," kata Iriawan.

Baca Juga

Sejarah Tercipta! Timnas U-23 untuk Pertama Kali Lolos ke Piala Asia U-23

"Bahkan saat tempo hari sedang COVID, mereka masih bisa latihan di Kroasia. Ya ini prosesnya. Dan ini memang target-target kita, untuk bisa lolos U-23 ke Piala Asia. Dan Alhamdulillah, anak-anak terus meningkatkan performancenya dari waktu ke waktu," sambungnya.

"Dan sekarang kita bisa lihat mereka bagaimana mentalnya, mereka tenang. Memang mereka mental juara. Mereka tidak emosional, mereka disiplin dan fisiknya lihat, mereka prima semua," ujar Iriawan.

Meski tak lagi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memang masih perhatian dengan sepak bola nasional, terutama Timnas Indonesia.

Pada Selasa (12/9), lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu mengadakan nonton bareng atau nobar laga Timnas Indonesia U-23 kontra Turkmenistan bersama sejumlah awak media di kediamannya yang berlokasi di bilangan Jakarta Selatan.

Saat nobar, Iwan Bule terlihat sangat ekspresif, terutama ketika Timnas Indonesia U-23 mendapatkan peluang mencetak gol. Saat laga berakhir untuk kemenangan Garuda Muda, mata mantan Kapolda Jawa Barat dan Metro Jaya itu terlihat berkaca-kaca karena terharu.

"Sekali lagi terima kasih kepada anak-anak yang sudah sangat serius terhadap pencapaian yang dia lakukan saat ini. Terima kasih kepada seluruh pelatih, dan semuanya juga Exco (Komite Eksekutif) yang telah bersama-sama dengan kami untuk bisa memberikan yang terbaik, yang sekarang memang prosesnya sekarang dipetik oleh pengurus yang baru, dan itu wajar karena sepak bola memang demikian."

"Dan kami bangga sempat menjadi bagian dari bola Indonesia bersama exco dan lainnya. Dan sekali lagi kami terharu anak-anak bisa memberikan yang terbaik. Sukses selalu, kalian ditunggu di medan pertempuran lapangan hijau. Masih panjang kalian untuk bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia," pungkas Iwan Bule. (*/Bolaskor)

Baca Juga

Perfect! Shin Tae-yong Bawa Timnas Senior, U-23, dan U-20 Lolos ke Piala Asia

#Timnas Indonesia U-23 #Mochamad Iriawan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan