ITB Terima 1.634 Calon Mahasiswa Baru, Prodi Informatika Paling Diminati

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 30 Juni 2021
ITB Terima 1.634 Calon Mahasiswa Baru, Prodi Informatika Paling Diminati
Kampus ITB, Bandung. (Foto: MP/Dok ITB)

MerahPutih.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.634 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2021.

Jumlah tersebut adalah 6,4 persen dari 25.642 peminat ITB melalui SM-ITB. Berbeda dengan pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN, di mana calon mahasiswa memilih fakultas/sekolah yang ada di ITB, pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB), calon mahasiswa langsung memilih program studi yang diminatinya.

Program studi (prodi) yang paling banyak menerima calon mahasiswa pada pelaksanaan SM-ITB 2021 adalah Informatika (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika). Sementara fakultas/sekolah dengan rasio keketatan penerimaan tertinggi adalah Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Baca Juga:

ITB Gelar Acara Virtual Sambut Ulang Tahun ke-101 Selama 4 Hari

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) merupakan fakultas/sekolah dengan rasio keketatan terendah.

Kepala Biro Komunikasi dan Humas ITB Naomi Haswanto mengatakan, calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2021 berasal dari 33 provinsi di Indonesia.

“ITB mengharapkan dapat memiliki mahasiswa dari seluruh wilayah tanah air sebagai bagian usaha untuk meningkatkan kualitas SDM di seluruh Indonesia,” kata Naomi.

Kampus ITB, Bandung. (Foto: MP/itb.ac.id)
Kampus ITB, Bandung. (Foto: MP/itb.ac.id)

Ia menyebut, ada 48 persen calon mahasiswa berjenis kelamin wanita. Selain itu, terdapat 323 mahasiswa baru atau 20 persen dari seluruh mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri ITB 2021 yang memegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah.

“Hal ini berarti mahasiswa tersebut akan diberikan pembebasan uang kuliah selama menjalankan studi di ITB,” katanya.

Kegiatan pendaftaran ulang mahasiswa baru ITB bagi yang dinyatakan lulus Seleksi Mandiri ITB 2021 akan dilaksanakan tanggal 19 – 24 Juli 2021 secara daring.

Baca Juga:

ITB Buat Dent-In, Pelindung Dokter Gigi dari Virus Corona

Seleksi Mandiri ITB tahun 2021 merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru sarjana terakhir untuk program sarjana reguler tahun akademik 2021/2022.

Dua jalur lainnya yang telah selesai dilaksanakan adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pada saat ini, ITB masih memiliki satu jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana, yaitu program penerimaan kelas internasional. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

5 Seleksi Mandiri ITB, Salah Satunya Bisa Bebas Biaya Kuliah

#ITB #Mahasiswa Baru
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan