Piala Eropa 2020
Italia Vs Spanyol: Pertarungan Berbalut Sejarah Italia Vs Spanyol. (Twitter)

MerahPutih.com - Duel panas dan sengit bakal tersaji di laga semifinal Piala Eropa 2020 yang mempertemukan Italia melawan Spanyol di Wembley Stadium, London, Inggris, Rabu (7/7) dini hari WIB.

Sejauh ini, La Furia Roja menjadi tim yang mencetak gol terbanyak dalam Euro 2020. Mereka juga sudah 13 kali berturut-turut tak terkalahkan siapa pun. Namun, Azzurri lebih superior, karena sudah 32 kali tak terkalahkan sejak September 2018.

Baca Juga

Piala Eropa 2020: Ketika Italia Melawan Sang Guru

Pencapaian anak asuh Roberto Mancini hingga semifinal terbilang mengesankan. Sebab, Italia memasukkan 11 gol dan kebobolan dua gol, Azzurri adalah satu-satunya dari empat semifinalis Euro 2020 yang selalu menang dalam lima pertandingan sebelumnya.

Spanyol memang tak terkalahkan dalam lima pertandingan sebelumnya, tapi dua di antaranya berakhir seri, dan satu lainnya diakhiri adu penalti ketika mengalahkan Swiss pada perempatfinal.

Italia mungkin lebih teruji karena menaklukkan peringkat satu dunia Belgia yang masuk perempatfinal selalu menang dalam empat laga sebelumnya. Sedangkan Spanyol malah susah payah menaklukkan Swiss dengan adu penalti.

Foto Arsip 1 Juli 2012 - Gelandang Spanyol David Silva (kiri) berduel bola dengan bek Italia Leonardo Bonucci dalam final Euro 2012 di Olympic Stadium, Kiev, Ukraina. Semifinal 2020 adalah pertemuan ke-34 Italia dan Spanyol yang sekaligus menjadi ajang pembalasan Italia untuk final 2012 itu. Spanyol sudah tiga kali menjuarai Euro pada 1964, 2008 dan 2012, sedangkan Italia baru satu kali pada 1968. Foto: FILIPPO MONTEFORTE

Tetapi, itu tidak menurunkan kelas Spanyol terhadap Italia. Kedua negara malah terlampau sering bertemu dalam pertandingan level atas. Bahkan siklus dominasi Spanyol dalam sepak bola Eropa naik turun ketika menghadapi Italia yang juga berusaha menuntut balas atas apa yang dilakukan Spanyol pada turnamen-turnamen sebelumnya.

La Roja versus Azzurri memang selalu menjadi pertarungan berbalut sejarah, termasuk pengalaman pelatih Luis Enrique yang tulang hidungnya retak akibat ulah Mauro Tassotti ketika Spanyol kalah dalam perempatfinal Piala Dunia 1994. Tassotti bebas tanpa koreksi wasit dan ini membuat Spanyol diperlakukan tidak adil.

Tapi Spanyol juga memiliki kenangan indah saat perempatfinal Euro 2008 ketika menang adu penalti setelah 0-0 selama 120 menit melawan Italia. La Roja kemudian memenuhi penantian 44 tahun menjadi juara turnamen utama sepak bola internasional.

Keduanya kembali bertemu dalam final Euro 2012, di mana La Roja menang besar 4-0 yang saking besarnya membuat kapten Spanyol Iker Casillas memohon wasit segera meniup peluitnya agar penderitaan Italia berakhir.

Namun, empat tahun kemudian Italia membalas dalam 16 besar Euro 2016. Azzurri yang ditangani Antonio Conte menang 2-0 di Stade de France untuk mengakhiri periode panjang hegemoni Spanyol di Eropa. Sayang, Italia tak bisa menuntaskan perjalanan ini dengan trofi Eropa karena Portugal yang menjadi juaranya, setelah menaklukkan tuan rumah Prancis.

Baca Juga

Fans Italia Dibatasi di Stadion Wembley, Mancini: Tak Adil

Kemenangan itu juga tidak mendorong Italia bangkit. Dan Spanyol pula yang membuat Italia menderita ketika menyingkirkan mereka dari kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan kemenangan 3-0. Untuk pertama kali sejak 1958, Italia pun absen dalam putaran final Piala Dunia. Krisis identitas pun hebat menerjang timnas Italia, sampai kemudian mereka menunjuk Roberto Mancini.

Mancini berhasil membuat negaranya mencintai kembali timnasnya, dengan menciptakan sebuah tim yang begitu tinggi kebersamaannya dan memainkan sepak bola menyerang sekaligus solid sampai 32 kali tak terkalahkan hingga sekarang. Ini membuat rakyat Italia merasa trofi Euro, dan mungkin Piala Dunia 2022, sudah dalam jangkauan mereka kembali.

Italia Vs Spanyol. (Twitter)
Italia Vs Spanyol. (Twitter)

Rasa kebersamaan Azzurri bisa dilihat di lapangan ketika mereka bertahan bagaikan para gladiator yang bertaruh nyawa saat menang 2-1 atas Belgia dalam perempatfinal. Tetapi, aksi heroik mereka membuat salah satu andalan mereka, bek Leonardo Spinazzola, cedera otot achillesnya sehingga tak bisa menuntaskan turnamen ini.

Meskipun demikian, berbekal catatannya sendiri, Spanyol tidak silau dengan kehebatan Italia. Seri melawan Swedia dan Polandia sebelum bersinar ketika menang 5-0 atas Slovakia dan 5-3 atas Kroasia, Alvaro Morata Cs dipaksa Swiss melalui adu penalti guna menentukan pemenang perempatfinal di antara mereka.

Head to head:

Spanyol 3-0 Italia (Kualifikasi Piala Dunia 2018)Italia 1-1 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia 2018)Italia 2-0 Spanyol (Piala Eropa 2016)Italia 1-1 Spanyol (Uji Coba 2016)Spanyol 1-0 Italia (Uji Coba 2014)

Prediksi Susunan Pemain

Italia: Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne

Spanyol: Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets, Pedri; Gerard Moreno, Alvaro Morata, Dani Olmo

Prediksi MerahPutih.com: Italia 55-45 Spanyol. (*)

Baca Juga

Luis Enrique: Kalau Menang Bahagia, jika Kalah Dukung Italia Juara

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia Lawan Taiwan
Olahraga
Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia Lawan Taiwan

Sebanyak 30 pemain timnas Indonesia dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk menjalani pemusatan latihan menjelang pertandingan play-off Piala Asia 2023 melawan Taiwan.

Ketenangan Riau Ega, Arif Dwi dan Bagas Saat Berjuang Raih Emas Panahan
Olahraga
Ketenangan Riau Ega, Arif Dwi dan Bagas Saat Berjuang Raih Emas Panahan

Kemenangan Trio Riau Ega Agata Salsabila, Arif Dwi Pangestu, dan Bagas Alvyanto, merupakan medali emas pertama dari cabang panahan pada SEA Games 2021.

Piala Wali Kota Solo Ditunda Dua Kali, Gibran: Ra Popo
Olahraga
Piala Wali Kota Solo Ditunda Dua Kali, Gibran: Ra Popo

"Tadi barusan Pak Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Pak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo telp saya. Ra popo (tidak apa-apa) jika ditunda lagi," ujar Gibran

Rayakan HUT ke-70, NOC Indonesia Bawa Pamor Merah Putih Menembus Dunia
Olahraga
Rayakan HUT ke-70, NOC Indonesia Bawa Pamor Merah Putih Menembus Dunia

Sejarah lahirnya NOC Indonesia berawal dari pengakuan resmi surat yang ditandatangani Kanselir IOC Otto Mayer pada 11 Maret 1952 silam.

Hattrick Benzema Hancurkan Chelsea, Bayern Tumbang 0-1 di Tangan Villareal
Olahraga
Hattrick Benzema Hancurkan Chelsea, Bayern Tumbang 0-1 di Tangan Villareal

Leg pertama babak perempat final Liga Champions 2021-2022 menggelar dua laga pada Kamis (7/4) dini hari WIB. Hasilnya, Real Madrid meraih kemenangan di markas Chelsea dan Villarreal membuat kejutan dengan mengalahkan Bayern Munchen.

Pelatih Singapura Waspada Dengar Egy Maulana Gabung Timnas Indonesia
Olahraga
Pelatih Singapura Waspada Dengar Egy Maulana Gabung Timnas Indonesia

Egy sendiri baru tiba di Singapura pada 21 Desember 2021

Usai Raih Podium, Aleix Espargaro Makin Percaya Diri
Olahraga
Usai Raih Podium, Aleix Espargaro Makin Percaya Diri

Aleix Espargaro semakin percaya diri setelah meraih podium di MotoGP Argentina 2022. Podium ini merupakan yang pertama kalinya.

Tim Piala Uber Indonesia Ubah Susunan Pemain Lawan Prancis
Olahraga
Tim Piala Uber Indonesia Ubah Susunan Pemain Lawan Prancis

Tim Piala Uber Indonesia melakukan perubahan susunan pemain saat melawan Prancis dalam laga lanjutan Grup A Thomas & Uber Cup 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Senin (11/10) siang waktu setempat.

Menpora Buka Suara soal Dugaan Praktik 'Sepak Bola Gajah' di PON
Olahraga
Menpora Buka Suara soal Dugaan Praktik 'Sepak Bola Gajah' di PON

Pertandingan sepak bola Grup C Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang mempertemukan Aceh melawan Kalimantan Timur di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Jayapura, Senin (4/10) ditenggarai adanya praktik 'sepak bola gajah'

Dewa United FC Pasang Target Lolos Grup A Piala Presiden 2022
Olahraga
Dewa United FC Pasang Target Lolos Grup A Piala Presiden 2022

Dewa United FC tidak langsung memasang target tinggi di ajang Piala Presiden 2020