Wisata Dunia

Italia Terapkan Denda untuk Turis yang Selfie Terlalu Lama di Portofino

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 21 April 2023
Italia Terapkan Denda untuk Turis yang Selfie Terlalu Lama di Portofino
Portofino Italia memberlakukan denda untuk wisatawan yang berlama-lama selfie. (Foto: Unsplash/Kristine Tanne)

SEBUAH kota indah di Italia telah memberlakukan denda bagi wisatawan yang berlama-lama di hotspot fotografi untuk berswafoto atau selfie. Peraturan yang mulai berlaku pada awal April 2023, telah memperkenalkan dua zona merah di bagian sibuk Portofino, di Italian Riviera.

Seperti dilaporkan laman The Times of London, orang-orang yang berlama-lama berada di dua zona ini, untuk mengambil foto diri mereka sendiri di depan musim Liguria atau di depan bangunan berwarna-warni yang ikonik, akan dikenakan denda hingga EUR 275 (Rp 4,5 juta).

Portofino, tempat yang menjadi latar belakang pernikahan Kourtney Kardashian dan Travis Barker pada musim panas 2022, memanglah destinasi populer untuk melakukan selfie. Sangat populer hingga tagar #portofino memiliki lebih dari 1,2 juta unggahan di Instagram.

Baca juga:

Finlandia Kembali Jadi Negara Paling Gembira di 2023

Aturan larangan berkeliaran, yang tidak hanya berlaku bagi mereka yang berswafoto, adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mencegah kepadatan penduduk selama puncak musim turis di bagian desa wisata nelayan yang sibuk itu.

Kota kecil ini memiliki populasi di bawah 500, tetapi peraturan tersebut seolah menjelaskan bahwa Portofino mengharapkan masuknya banyak pengunjung dalam beberapa bulan mendatang.

Walikota Portofino Matteo Viicava mengatakan dalam sebuah wawancara, bahwa tujuan peraturan tersebut dibuat adalah untuk menghindari situasi berbahaya yang disebabkan oleh lalu lintas pejalan kaki.

Ia juga menjelaskan kalau peraturan itu diharapkan akan mengakhiri kekacauan anarkis yang terlihat di daerah-daerah itu di masa lalu. Ia menekankan bahwa peraturan itu tidak dirancang untuk membatasi akses bagi mereka yang ingin mengunjungi dan memotret Portofino.

Baca juga:

19 Kota di Dunia dengan Angkutan Umum Terbaik

"Tujuannya bukan untuk membuat tempat itu lebih eksklusif tetapi untuk memungkinkan semua orang menikmati keindahan kami," jelasnya.

Peraturan tersebut pertama kali berlaku selama akhir pekan Paskah, ketika Portofino penuh dengan turis, dan aturan tersebut sekarang akan tetap berlaku hingga Oktober 2023.

Rupanya, Portofino bukan satu-satunya tempat yang membatasi selfie. Ada juga aturan di lokasi tertentu di Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris.

Baik New York dan California melarang orang-orang secara hukum mengambil selfie di kebun binatang, dan area di mana mungkin ada hewan liar yang berbahaya sebagai latar belakang, seperti harimau dan beruang.

Selfie juga dilarang di area tertentu di Menara London, termasuk di mana perhiasan mahkota disimpan, karena alasan keamanan. (dsh)

Baca juga:

4 Kota Asia yang Ramah untuk Pesepeda

#Wisata Dunia #Italia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan