Itak Gurgur, Kue Sederhana Lambang Semangat Membara Masyarakat Batak Itak gurgur. (Foto: instagram.com/donatussrgr)

SUKU Batak di Sumatra Utara terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya. Kuliner Batak terkenal dengan olahan daging dan ikannya, terutama untuk masyarakat Batak di pesisir Danau Toba.

Bumbu rempah khas masakan Batak, seperti andaliman, bawang Batak, dan asam jungga, membuat masakan khas Batak jadi istimewa. Bumbu ini tak ditemukan di masakan daerah lain.

Tak hanya olahan bumbu rempah yang penuh, Suku Batak juga punya banyak penganan tradisional. Ada itak gurgur yang tekenal dibuat dengan sangat sederhana, tapi kaya akan filosofi. Itak gurgur biasanya disebut sebagi makanan tradisional yang disajikan ketika memanjatkan doa saat momen-momen tertentu.

Dalam Sistim Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Sumatera Utara, itak gurgur disebut dalam sebuah doa-doa untuk keberkahan dalam penanaman padi. Doa dilakukan setelah lama negeri Sagala ditimpa musim kemarau, lalu masyarakat berdoa di masing-masing sawahnya dan memberikan sajian. Hujan pun mulai turun dan air mulai menggenang.

Itak gurgur. (Foto: instagram.com/marianasinaga26/
Itak gurgur. (Foto: instagram.com/marianasinaga26)

Ketika padi sudah tinggi dan mulai menghijau kepercayaan masyarakat bahwa padi sudah mempunyai roh, maka para petani menyiramkan air jeruk purut ke batang-batang padi.

'On ma itak gurgur dan ompung, gurgur ma gogo ni haumanami on.' Demikian doa-doa petani diucapkan kepada dewa-dewa dan roh leluhur. Artinya, inilah itak gurgur (tepung beras yang ditumbuk) ya ompung (somba on Martua Pusuk Buhit dan Mulajadi Nabobol), berlipat gandalah hasil sawah kami...

Sementara itu, itak gurgur sebagai penganan khas masyarakat Batak yaitu dengan penambahan bahan lain, garam, kelapa parut, dan gula. Dalam beberapa acara, itak gurgur masih sebagai perlambang kekuatan dan harapan.

Itak gurgur dibuat dengan sangat sederhana tanpa dimasak. Bahan utama itak gurgur yaitu tepung beras. Sebelum ada alat penggilingan, beras hanya ditumbuk sehalus mungkin. Kini pun sebagian masih mempertahan pengolahan seperti ini karena dianggap rasa itak gurgur justru terasa lebih enak.

Beras terlebih dahulu direndam. Beras kemudian dicampur dengan garam, gula, dan kelapa parut. Semua bahan diaduk merata. Setelah itu baru dikepal-kepal hingga padat. Itak gurgur sudah dapat dinikmati. Kini, ada juga yang kemudian melanjutkan pengolahnnya dengan cara mengukus. Secara tradisional, itak gurgur cukup dikepal dan bisa langsung dimakan.

Itak gurgur. (Foto: instagram.com/frankienapitupulu)
Itak gurgur. (Foto: instagram.com/frankienapitupulu)

Bahan parutan kelapa menggunakan kelapa yang lebih muda. Sebagian menggunakan air agar adoanan lebih mudah dikepal. Dalam 200 Resep Pilihan Masakan & Jajanan Khas Daerah, adonan mesti dikepal dengan penuh keyakinan supaya bentuknya terlihat bagus dan alami. Itak dalam bahasa Batak berarti "membara" atau "mendidih", sebagai harapan agar yang menikmatinya selalu semangat membara.

Kalau kamu ingin menelusuri kuliner khas Batak yang begitu terkenal, tak lengkap kalau belum mencicipi itak gurgur. Meski itak gurgur bertekstur krenyes dengan rasa perpaduan manis dan gurih, proses pembuatannya penuh kemantapan dan kekuatan. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Saksang, Si Legendaris dari Tanah Batak

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH