Isu Reshuffle Muncul, Orang Dekat Jokowi Diingatkan Soal Hak Prerogatif Presiden

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 15 April 2021
Isu Reshuffle Muncul, Orang Dekat Jokowi Diingatkan Soal Hak Prerogatif Presiden
Presiden Jokowi. (Foto: setkab.go.id).

Merahputih.com - Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, mengingatkan orang-orang di lingkaran dekat Presiden Joko Widodo tentang wacana perombakan kabinet yang belakangan ini mencuat. Ia menegaskan perombakan kabinet itu prerogatif presiden.

“Perombakan kabinet ini jangan kemudian dijadikan spekulasi, termasuk katakanlah (orang-orang) yang ada di lingkaran Istana. Jangan kemudian seolah-olah peristiwa reshuffle itu didramatisir,” kata Arsul, Rabu (15/4).

Baca Juga

Ancam Reshuffle Kabinet, Jokowi Cuma Gertak Sambal

Ia kemudian menyebut perombakan kabinet merupakan peristiwa biasa yang mirip dengan pergantian pemain sepak bola saat pertandingan. “Kalau pelatihnya bilang ada yang ditarik keluar, ya kita sikapi biasa saja,” ujar dia.

Wakil ketua umum PPP itu menegaskan perombakan kabinet merupakan prerogatif presiden. Oleh karena itu, ia meyakini belum ada pihak lain yang mengetahui siapa yang akan diganti atau akan mengganti posisi pucuk pimpinan kementerian tertentu.

Presiden Jokowi . (Foto: Antara)

Sejauh ini, PPP belum menerima informasi atau tawaran khusus dari presiden terkait isu perombakan kabinet karena perombakan kabinet yang akan dilakukan presiden kemungkinan tidak mengubah komposisi menteri usulan partai politik dan kelompok profesional.

Baca Juga:

Petinggi Parpol tidak Senang dengan Ancaman Reshuffle

Perombakan kabinet itu, kata dia, kemungkinan hanya berupa pergantian atau pergeseran tanpa mengubah komposisi yang ada.

“Tidak ada penawaran kursi baru. Soal posisi kabinet, baik dari partai-partai politik maupun profesional itu sudah tetap,” ujar anggota Komisi III DPR dari Fraksi PPP. (Pon)

#Reshuffle Kabinet #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan