Istirahat Sejenak Menghalau Bahaya Olahraga Berlebih Olahraga berlebihan menimbulkan penyakit serius (Foto Pexels/Micah Boerma)

MEMAKSAKAN tubuh dengan berolahraga hampir setiap hari bisa memberikan dampak buruk. Tubuh yang kelelahan memerlukan pemulihan dengan beristirahat dan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Melansir dari alodokter, tubuh yang melakukan aktivitas berlebihan berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti nyeri otot, dehidrasi, menurunnya kualitas kenyamanan saat tidur, nafsu makan berkurang, daya tahan tubuh melemah hingga terganggunya kesehatan jantung.


Baca Juga: Waspada, Ini Cara Bedakan Nyeri Dada Biasa dengan Sakit Jantung


1. Hentikan sejenak

istirahat
Saat tubuh terlalu lelah, hentikan olahraga selama 1-2 minggu (Foto Pexels/Pixabay)


Jika olahragamu berlebihan, berhentilah sejenak untuk memberikan waktu tubuh untuk beristirahat. Jangan terlalu memaksakan tubuh untuk berolahraga. Istirahatkan tubuh setidaknya 1 hingga 2 minggu untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

2. Atur frekuensi olahraga

istirahat
Atur frekuensi olahragamu, jangan terlalu memaksakan (Foto Pexels/rawpixel.com)


Olahraga yang berlebihan bisa menimbulkan dehidrasi dan heat stroke. Untuk itu, baiknya kamu mengurangi frekuensi olahraga menjadi 2 hingga 3 kali seminggu. Sesuaikan frekuensi olahraga dengan kondisi tubuh. Cuaca atau udara juga memengaruhi kesehatan tubuh.


Baca Juga: Manfaat Tersembunyi Dibalik Nasi Putih Dingin, Cocok Untuk Penderita Diabetes


3. Terapkan pola hidup sehat

istirahat
Terapkan pola hidup yang teratur dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan perbanyak air mineral (Foto Pexels/Ella Olsson)


Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan air mineral. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan protein tanpa kandungan lemak. Hindari makanan cepat saji yang kurang sehat. Tak hanya itu, usai berolahraga cukupi jam istirahatmu untuk menjaga kestabilan kondisi tubuh. Atur jeda waktu setidaknya 6 jam sebelum melanjutkan olahraga. Jadwalkan satu hari untuk beristirahat bagi kamu yang melakukan olahraga hampir setiap hari.


4. Ubah olahragamu

istirahat
Saat bosan, ganti olahragamu dengan yoga untuk mengembalikan energi dan menenangkan pikiran (Foto Pexels/Samuel Silitoga)


Rutin berolahraga terkadang menimbulkan rasa bosan. Saat merasa jenuh, cobalah melakukan olahraga lainnya seperti yoga. Tak hanya menenangkan dan menyegarkan pikiran, melakukan yoga juga bisa memulihkan kondisi fisik dan meningkatkan energi tubuh. Lakukan secara berkelompok untuk menambah keseruan olahragamu. Olahraga bersama-sama bisa meningkatkan keharmonisan hubungan dengan relasi. (dys)

Baca Juga: Memiliki Perut 'Six Pack' Secara Kilat Melalu Operasi, Adakah Risikonya?


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH