Istilah-Istilah Jadul Masih Sering Dipakai Anak Gaul Kamus jadul si anak gaul. (Foto: Pexels/skitterphoto)

KEMEK KUY! Ajakan seperti ini masih sering dipakai banyak anak gaul zaman sekarang. Kata tersebut termasuk satu dari banyak istilah yang digunakan anak-anak gaul. Jika dicari artinya, berbagai kata yang kerap digunakan bahkan tidak terdaftar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kata tersebut mungkin akan terasa asing bagi orang-orang yang jarang nongkrong. Mereka akan bingung dengan apa yang dimaksud dengan istilah yang dilontarkan banyak anak gaul ini. Kata-kata itu adalah slang atau plesetan dari suatu kata yang terkesan berbeda.

Baca juga:

Stiker Belakang Mobil, Gegayaan Ala Bapak-Bapak Nanggung

Sebenarnya kata-kata ini sudah ada sejak lama dan digunakan oleh banyak orang dari generasi ke generasi. Bahasa-bahasa gaul ini awalnya merupakan bahasa rahasia yang dipakai kalangan preman pada tahun 50-an, dan mengenal bahasa ini dengan Bahasa Prokem atau BP.

Pada awalnya BP dianggap tidak perlu dihiraukan, karena tidak akan bertahan lama. Namun, pada kenyataannya bahasa ini berkembang dengan pesat dan menjadi semakin popular di kalangan remaja pada era itu, bahkan hingga kini.

Merah putih sudah merangkum beberapa istilah jadul yang masih sering digunakan anak gaul zaman now, simak yuk.

1. Bokin

Kata ini biasanya digunakan oleh para anak gaul laki-laki untuk menyebutkan pasangan perempuannya dalam sebuah obrolan.

2. Bokis

“Ah bokis lu!” Kata ini biasanya sering banget dipakai oleh anak gaul untuk menyanggah percakapan temannya yang tidak meyakinkan, atau menanggapi sebuah kebohongan.

3. Borju

Kalau kata gaul yang satu ini digunakan untuk menyebutkan orang kaya. “Si A tuh borju banget,” seperti ini kurang lebih penggunaan kata borju untuk mengungkapkan seseorang yang sangat kaya.

4. Cembokur

Saat melihat atau mengetahui orang yang kita sukai bermesraan dengan orang lain tentunya kita akan merasa cemburu. Namun untuk anak gaul bukanlah kata cemburu yang keluar dari mulutnya melainkan cembokur.

5. Doku

“Lagi gaada doku gua.” Kata ini masih sering kita dengar terujar dari salah satu teman kita yang sedang mengatakan bahwa dirinya tengah tidak memiliki uang. Uang sendiri dalam bahasa anak gaul disebut dengan istilah doku.

6. Dokat

Jika doku adalah kata yang digunakan oleh anak gaul, dokat menjadi kata gaul untuk tempat penyimpanan doku itu sendiri, alias Dompet.

Istilah-Istilah Jadul Masih Sering Dipakai Anak Gaul
Awalnya kata-kata ini digunakan oleh kalangan preman. (Foto: Pexels/fotografierende)

7. Gokil

Bagi anak gaul, untuk mengungkapkan perasaan mereka saat melihat sesuatu yang menakjubkan atau tidak wajar mereka biasanya akan mengatakan gokil, sementara banyak orang biasanya mengungkapkan dengan kata gila atau keren.

Baca juga:

Gegayaan Pakai Kaus Supreme, Asli atau KW Hampir Mirip

8. Garing

"Garing ah bercandaan lu.” Bukan renyah, melainkan istilah untuk menyatakan sebuah candaan yang terasa tidak lucu. Banyak orang yang saat ini masih menggunakan kata ini.

9. Honger

Kata honger mungkin terasa masih asing untuk banyak orang, tetapi sebenarnya kata ini masuk kedalam kamus bahasa anak gaul. Honger terdengar seperti pelesetan kata hunger dalam bahasa Inggris yang berarti lapar, dan artinya pun sama.

10. Ja’im

Ja’im sering sekali diucapkan sehari-hari. Namun, sebenarnya kata ini bukanlah kata formal. Ja’im sendiri sebenarnya singkatan dari jaga imej yang artinya menjaga gambaran dirinya dimata orang lain agar terlihat baik atau bagus.

11. Jibang

Jibang merupakan singkatan dari jijik banget. Umumnya kata ini diungkapkan saat seseorang merasa jijik terhadap suatu hal atau sebuah penolakan.

12. Kemek

Jika kamu mendengar temanmu mengatakan “eh, kemek yuk,” jangan tersinggung. Bukan kata kotor melainkan ia sedang mengajakmu makan. Karen arti kata kemek sendiri adalah makan.

13. Kamseu

Kamseu banget deh tuh orang.” Biasanya kata gaul ini diucapkan sambil berbisik-bisik, karena tidak ingin orang lain mengetahui apa yang sedang dibicarakan. Kamseu sendiri adalah singkatan dari kampungan sekali.

14. Siake

Umpatan yang satu ini sering diujarkan oleh anak gaul nih. Siake adalah pelesetan dari kata sialan yang diujarkan seseorang ketika merasa kesialan menimpanya. (Kna)

Baca juga:

Cukup Diinjak Belakangnya, Langsung Auto Keren Pakai Sepatu Ini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tips Memilih Rumah yang Cocok untuk Work From Home
Fun
'Insecure' karena Belum Dapat Pekerjaan? Tetap Waras dengan Cara Ini
Fun
'Insecure' karena Belum Dapat Pekerjaan? Tetap Waras dengan Cara Ini

Bagaimana ya cara mengatasi rasa tidak aman dan nyaman ini?

Jangan Asal Masukan Wajan ke Dalam Oven
Fun
Jangan Asal Masukan Wajan ke Dalam Oven

Tidak semua wajan bisa kamu masukkan ke dalam oven.

Aldiv Rilis Single Religi 'Rasa Syukurku'
ShowBiz
Aldiv Rilis Single Religi 'Rasa Syukurku'

Rasa Syukurku menceritakan rasa syukur seorang hamba kepada sang pencipta.

Anti Galau Selama Pandemi, Yuk Ikuti Kelas Daring Negara Paling Bahagia di Dunia
Fun
Anti Galau Selama Pandemi, Yuk Ikuti Kelas Daring Negara Paling Bahagia di Dunia

Negara ini menempati peringkat negara paling bahagia di dunia selama tiga tahun berturut-turut.

Jepang Bangun Jet Tempur untuk Hadapi Korut dan Tiongkok
Fun
Jepang Bangun Jet Tempur untuk Hadapi Korut dan Tiongkok

Nama pesawat tempur ini tidak disebutkan.

Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman
Fun
Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman

Cakang telur punya manfaat buat tanaman.

Nampak Seperti Kupu-Kupu, Nebula Planet ini Sungguh Artistik
Fun
Lagu Terbaru Eminem dan Kid Cudi Membahas COVID-19 dan Pembunuhan George Floyd
ShowBiz
Lagu Terbaru Eminem dan Kid Cudi Membahas COVID-19 dan Pembunuhan George Floyd

lagu ini berjudul The Adventures of Moon Man and Slim Shady.