Istilah dalam Dunia Fesyen yang Wajib Tahu! Mengenal istilah populer dalam dunia fesyen jangan asal sebut. (Foto Stylebistro.com)

SEIRING dengan perkembangan zaman, dunia fesyen semakin bertumbuh. Tak hanya pemakai, dunia fesyen juga diminati penjahit dan desainer pakaian. Kini, dunia fesyen jadi sorotan dunia. Seringkali tontonan atau bacaan yang berkaitan dengan fesyen ditemukan istilah-istilah yang tak lumrah.

Pengikut tren mode dari masa ke masa, penting untuk mengetahui istilah-istilahnya. Berikut ini merahputih.com telah melansir dari beberapa ungkapan istilah yang populer dalam dunia fesyen.


Baca Juga:

Fashion Item ala Korea Selatan ini Wajib Kamu Coba


Haute couture

baju
Houte Couture istilah dari teknik menjahit pakaian yang dipesan secara khusus dengan kualitas tinggi (Foto Unsplash/Kenny Luo)

Istilah ini populer di Prancis. Ungkapan ini diartikan sebagai teknik menjahit pakaian yang dipesan secara khusus dengan kualitas tinggi. Biasanya, dilakukan oleh merek internasional. Istilah ini diperuntukkan pesanan yang dirancang sesuai keinginan klien dengan detail jahitan dari tangan yang handal. Biasa dikenal handmade.

Dalam bahasa Indonesia, haute couture lebih dikenal dengan sebutan adibusana. Sebuah gelar untuk merek dagang seperti Chanel, Christian Dior, Givenchy, Maison Margiela dan Jean Paul Gaultier. Meski begitu, semua desain harus memenuhi syarat dan uji coba dari Prancis.


Edgy

baju
Edgy merujuk pada penampilan anti mainstream (Foto Chiara Casiraghi)


Bergaya bohemian, klasik modern, rock n’ roll, androgini, artistik eklektik, klasik preppy, ataupun natural sporty menunjukkan karakter desainer. Menghasilkan karya inovatif, orisinil dan antimainstream. Banyak juga yang menembus gaya konvensional. Mode edge memberikan penampilan berbeda dengan menggabungkan beberapa potongan tak beraturan dan paduan warna-warna menarik seperti yang dilansir youlookfab. Memadukan pakaian berukuran besar, tas selempang mini, sepatu boots dan ripped jeans. Bisa juga ditambahkan syal berpola.

Avant-garde

baju
Penampilan avant-garde identik nyentrik (Foto aminoapps.com)

Gaya ini dimulai sejak tahun 1850-an. Merujuk pada karya yang bersifat kreatif dan unik. Ini sebutan gaya yang dipakai oleh Lady Gaga. Mode avant-garde membentang generasi desainer pakaian ternama. Seringkali berkaitan dengan pakem-pakem busana. Secara umum, mode penampilan avant-garde identik nyentrik.


Baca Juga:

Tips 'Outfit' Kece untuk Kamu yang Berkepala Plontos


Fashion Editrix

baju
Editrix menempatkan editor atau pengamat mode yang mendominasi atau memimpin (Foto styleblueprint)


Kata editrix dimaknai sebagai editor. Digabungkan dengan Dominatrix, jadi editrix. Mode fesyen ini memiliki arti editor yang mendominasi atau memimpin. Anna Wintour dari majalah Vogue di USA, jadi editor yang terkenal. Mode ini juga memiliki status setara dengan glitterati lainnya. Editor majalah memiliki peran penting dalam industri fesyen.


Streetwear

baju
Streetwear dipopulerkan oleh brand seperti Supreme, Palace dan Vans (Foto Quora)


Dipopulerkan oleh merek ternama seperti Supreme, Palace dan Vans. Mode streetwear mendominasi gaya hip-hop. Gaya ini mengenakan pakaian santai seperti celana jins, kaus, jaket dan sneakers. Menghadirkan tampilan sederhana dan nyaman di tubuh. (dys)


Baca Juga:

5 Trik Samarkan Garis Pakaian Dalam saat Pakai Baju Ketat


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH