Istana: Wakil Panglima TNI Jalankan Tugas Khusus dari Jokowi Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, di halaman Istana Negara, Jakarta pada Selasa (22/10) siang. Foto: ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo.

MerahPutih.com - Jubir Istana Negara, Fadjroel Rachman mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghidupkan kembali jabatan Wakil Panglima TNI karena ingin memberikan tugas khusus. Posisi Wakil Panglima TNI akan mirip seperti Wakil Menteri.

"Kalau pun itu dilakukan, tampaknya terkait tugas khusus atau tugas pemerintah, atau tugas prioritas dari pemerintah. Saya hanya bisa jawab sebatas itu," ujar Fadjroel kepada wartawan di Jakarta, Kamis (7/11).

Baca Juga

Jokowi Kembali Hidupkan Jabatan Wakil Panglima TNI, Ini Tugas-Tugasnya

Fadjroel meminta wartawan menanyakan soal posisi jabatan Wakil Panglima TNI itu kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjantol, karena Hadi merupakan pejabat yang mengetahui kebutuhan teknis dari institusi TNI.

"Saya sih mengusulkan kalau itu ditanyakan pada Panglima TNI karena itu kebutuhan teknis yang diajukan oleh kementerian," ucapnya.

Jabatan Wakil Panglima TNI akan kembali diisi lewat perwira tinggi berbintang empat, setelah Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan sambutan di hadapan 820 prajurit TNI dan anggota Polri di Markas Kodim 1702/Jayawijaya, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Sabtu (26/10). (Pu
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan sambutan di hadapan 820 prajurit TNI dan anggota Polri di Markas Kodim 1702/Jayawijaya, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Sabtu (26/10). (Puspen TNI)

Ketentuan itu tertuang dalam Perpres Nomor 66/2019 tentang Susunan Organisasi TNI yang diteken Jokowi pada 18 Oktober 2019. Jabatan Wakil Panglima TNI sebelumnya terakhir kali dijabat Jenderal (Purn) Fachrul Razi pada 1999-2000.

Baca Juga

Pemilu Telah Usai, Dandim 0501 Jakarta Pusat Letkol Wahyu Yudhayana Ajak Warga Kembali Bersatu

Dalam pasal 15 Perpres dijelaskan, Wakil Panglima merupakan koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas/Tri Matra Terpadu, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima.

Sementara itu, di bagian lampiran, disebutkan posisi Wakil Panglima TNI diisi Pati Bintang 4. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH