Istana Proses Pergantian KSAD Setelah Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 24 November 2023
Istana Proses Pergantian KSAD Setelah Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kiri) dan Laksamana TNI Yudo Margono. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid membeberkan tiga nama potensial yang dinilainya cocok untuk mengisi kursi KSAD menggantikan Jenderal Agus Subiyanto, yang sudah menjabat Panglima TNI.

Tiga perwira tinggi TNI AD yang berpeluang tersebut yakni Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasad Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Baca Juga:

Deretan Prestasi Strategis Letjen Maruli Simanjuntak Calon Kuat KSAD

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan selama posisi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) belum terisi maka tugas-tugasnya akan dijalankan oleh Wakil KSAD TNI.

Posisi KSAD TNI saat ini kosong setelah Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (22/11).

"Selama ini kepemimpinan di dalam organisasi TNI kan sudah betul-betul mapan ya, betul-betul terjaga. Ketika tidak ada Kasad tentu ada Wakasad, sampai ditunggu Kasad (berikutnya dilantik)," kata Ari di Jakarta, Jumat (24/11).

Saat ini Presiden masih memproses penggantian KSAD TNI.

"Masih berproses ya, setelah baru kemarin pelantikan Panglima TNI setelah itu ada proses berikutnya untuk KSAD,” ujar Ari.

Panglima TNI Agus Subiyanto menyebut, calon kandidat pengisi posisi KSAD adalah prajurit berpangkat bintang tiga yang saat ini memiliki jabatan strategis di TNI. Namun, Agus tidak menyebut nama calon Kasad TNI yang dimaksud. (Knu)

Baca Juga:

DPR Gelar Sidang Paripurna Persetujuan KSAD Agus Jadi Panglima TNI

#Panglima TNI #TNI #TNI AD #KSAD
Bagikan
Bagikan