Istana Majukan Hari Pelantikan, Ganjar Persingkat Tugasnya Jadi Relawan Lombok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Calon gubernur Jawa Tengah terpilih Ganjar Pranowo mempersingkat kunjungan sebagai sukarelawan penanganan pascabencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, setelah menerima informasi bahwa waktu pelantikan gubernur dimajukan menjadi 5 September 2018.

"Hari ini saya balik untuk persiapan (pelantikan gubernur) yang di sana, terus memastikan juga persiapan-persiapan yang ada," kata Ganjar saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Senin (3/9).

Sebelumnya, Ganjar dijadwalkan menjadi sukarelawan penanganan pascabencana di Lombok selama tiga hari yakni mulai Minggu (2/9) sampai Selasa (4/9). Pelantikan pasangan calon Gubernur Jawa Tengah terpilih Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen oleh Presiden Joko Widodo, diajukan dari rencana semula 17 September 2018.

Sukarelawan gempa di Lombok
Para relawan di posko sedang persiapan memasak untuk Dapur Umum INTI bagi korban Gempa Lombok. Foto: Dok Humas INTI

Terkait dengan informasi pengajuan pelantikan calon Gubernur Jateng terpilih yang dipercepat itu, Ganjar mengaku sudah mengetahuinya sejak kemarin. Gubernur petahana Jateng itu mendapatkan informasi langsung dari pihak istana.

"Tadi malam di Lombok pada saat kita meninjau penanganan bencana, Pak Presiden menonton penutupan Asian Games 2018, Pak Seskab (Sekretaris Kabinet Pramono Anung) menyampaikan pelantikannya maju tanggal 5 September 2018, terus saya konfirmasikan, kebetulan saya bareng dengan Pak Presiden," kata Ganjar, dikutip Antara.

Meski demikian, Ganjar tidak tahu pasti mengenai alasan pengajuan pelantikan calon Gubernur Jateng terpilih. Namun berdasarkan informasi yang diperoleh, Presiden Jokowi direncanakan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri pada 17 September 2018.

Rencananya, pelantikan calon Gubernur Jateng terpilih bersama enam gubernur dari provinsi lain oleh Presiden Jokowi akan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH