Istana Jamin Ekonomi Tak Akan Jeblok Karena Virus Corona Jubir Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman jamin pemerintah akan perhatikan masyarakat yang terdampak corona (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Jubir Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman memastikan, pemerintah akan menjamin perekonomian masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.

Menurut Fadjroel, pemerintah juga menggerakkan semua daya untuk menjamin jaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak kehidupan sosial-ekonominya.

Baca Juga:

Bandara Adi Soemarmo Sepi Akibat COVID-19, PT KAI Batalkan 9 Perjalanan KA Bandara

"Hal ini agar konsumsi dan pendapatan masyarakat terjamin," kata Fadjroel kepada wartawan di Jakarta, Minggu (22/3).

Jubir Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman
Jubir Presiden, Fadjroel Rachman (Foto: antaranews)

Pemerintah menjamin perekonomian masyarakat yang terdampak dengan menggencarkan bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan, Penerima Bantuan Iuran, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, Kartu Pra-Kerja, hingga Dana Desa.

Selain itu pemerintah juga memperbanyak program Padat Karya Tunai dari kementerian dan lembaga serta menjamin ketersediaan bahan pokok.

Adapun agar roda perekonomian di dunia usaha dan masyakarat terus berputar, pemerintah membuat sejumlah kebijakan fiskal dan moneter yang melibatkan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Pasar Modal, Lembaga Penjamin Simpanan.

Ia menambahkan, pada intinya, pemerintah memfokuskan seluruh dumber daya negara untuk mengatasi wabah Covid-19 di Indonesia.

"Hal itu dibuktikan pula dengan merelokasi anggaran untuk aktivitas Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 serta mendorong pencairan APBD pemerintah daerah serta anggaran kementerian dan lembaga sesegera mungkin," lanjut dia.

Pemerintah juga menggerakkan semua daya untuk menjamin ketersediaan bahan pokok agar roda perekonomian di dunia usaha dan masyakarat terus berputar.

"Salus populi suprema lex, keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," ucapnya melanjutkan pesan Jokowi.

Baca Juga:

Petugas Medis Meninggal Saat Tangani Paaien Corona, Pemerintah Sampaikan Duka

Diketahui, pemerintah juga sudah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta Pusat yang siap menampung 2.400 pasien dari 22.200 pasien yang dapat ditampung di 10 tower.

Kemudian Pulau Galang, Pulau Sebaru, sejumlah hotel BUMN dan Swasta juga disiapkan, termasuk menyiapkan masker, rapid test alat pelindung diri, dan lainnya yang diupayakan dari berbagai sumber dan negara.(Knu)

Baca Juga:

Daerah-Daerah yang Belum Terkena Virus Corona Diminta Hati-Hati



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH