Istana Akui Jokowi Copot Menteri Asman Murni Masalah Politik, Bukan Kinerja Presiden Jokowi (kedua kanan) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kanan), Menpan RB Asman Abnur (kiri), Menkeu Sri Mulyani (kedua kiri), Seskab Pramono Anung (tengah) di Istana Negara Jakarta (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Istana memastikan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur bukan karena alasan kinerja, tetapi karena persoalan politik. Asman murni korban sikap politik PAN yang memilih berkoalisi dengan kubu seberang di Pilpres 2019.

"Ini konsekuensi dari berkoalisi, Pak Presiden akan memutuskan secepatnya," kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, menyampaikan sikap Presiden untuk menggelar perombakan kabinet dalam waktu dekat di Jakarta, Selasa (14/8).

amien
Foto repro Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (kiri) dan Ketum PAN Zulkifli Hasan hadir saat pendaftaran capres/cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di KPU. (MP)



Asman Abnur sebelumnya ditunjuk Jokowi sebagai Menpan-RB karena PAN akhirnya bergabung ke koalisi pemerintah. Namun, dalam pencalonan Presiden dan Wapres RI 2019-2024, PAN tidak bergabung koalisi pendukung Jokowi, tetapi memilih kubu paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Pratikno, rencana pencopotan Asman ini sama sekali bukan karena alasan kinerja. Malah, kata dia, Presiden Jokowi sendiri sangat puas dengan kinerja Asman Abnur sebagai Menpan-RB.

"Kalau terkait kinerjanya sebagai Menpan RB dalam pemerintahan, Pak Asman Abnur sangat memuaskan dan bagus," tandas Menteri lulusan UGM itu, dilansir dari Antara.

Menpan
Menpan RB Asman Abnur. (MP/Teresa Ika)

Bahkan, Pratikno memuji rekan sejawatnya di Kabinet itu memiliki latar belakang dan kemampuan mumpuni untuk menjalankan tugas sebagai Menpan-RB. "Beliau juga pada posisi yang tepat sekali karena beliau ada latar belakangan wira usaha, kemudian bisa membenahi birokrasi agar lebih melayani masyarakat," kata Pratikno.

Meski memastikan Asman terkena reshuffle kabinet, Pratikno mengaku belum tahu siapa pengganti yang bakal ditunjuk Presiden. Dia juga enggan menjawab ketika ditanya perombakan kabinet ini bakal diumumkan 17 Agustus tetap hari peringatan Proklamasi. "Ya kita lihat nanti lah. Saya belum tahu keputusannya seperti apa," tandas Mensesneg. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH