Israel Larang Warga Indonesia ke Yerusalem, Wakil Menlu: Setiap Negara Punya Kebijakan Sendiri

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 31 Mei 2018
Israel Larang Warga Indonesia ke Yerusalem, Wakil Menlu: Setiap Negara Punya Kebijakan Sendiri
Penampakan senja di Kota Yerusalem (Foto: Israel National News)

MerahPutih.Com - Israel disebut-sebut telah mengeluarkan kebijakan yang melarang pemberitan visa kepada warga negara Indonesia. Pelarangan tersebut praktis membuat warga Indonesia tidak akan bisa masuk atau berkunjung ke Israel.

Menanggapi isu pelarangan WNI masuk ke Israel, Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir menyatakan bahwa setiap negara memiliki kebijakan sendiri dalam hal pemberian visa.

"Kita tahu ada langkah tersebut, tapi kita juga harus memaklumi bahwa setiap negara memiliki kebijakan terkait visa, memberikan atau tidak memberikan," kata Wamenlu Fachir, Jakarta, Kamis (31/5).

Padahal, tak sedikit orang Indonesia yang setiap tahunnya berkunjung ke Israel. Sejumlah kota dan tempat di Israel menjadi tujuan ziarah rohani WNI yang beragama Kristen. Tempat-tempat seperti Yerusalem, Petra, Sungai Yordan dan beberapa lagi diyakini sebagai tempat suci oleh umat Kristiani.

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir
Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir memberi keterangan pers (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

AM Fachir mengungkapkan semua negara memiliki kebijakan untuk menentukan langkah-langkah terkait pemberian visa.

"Tentu aturan internasionalnya juga ada terkait itu," ujarnya sebagaimana dilansir Antara.

Sejauh ini, belum ada pernyataan publik dari pihak Israel terkait isu tersebut.

Sebelumnya, muncul isu wisatawan yang berpaspor Indonesia tak dapat mengunjungi Yerusalem setelah 9 Juni. Warga Negara Indonesia dikabarkan masih diperbolehkan masuk sebelum tanggal yang ditetapkan.

Pemerintah Israel disebut-sebut tidak membolehkan turis asal Indonesia masuk ke Israel sebagai tanggapan atas penolakan pemerintah Indonesia untuk memberikan visa turis kepada warga Israel.

Menag Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Penolakan dan pelarangan Israel terhadap warga Indonesia kemungkinan besar dilakukan sebagai balasan terhadap pemerintah Indonesia yang melarang warga Israel berkunjung ke Indonesia. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menegaskan bahwa persoalan tersebut bisa diselesaikan melalui jalur diplomasi yang menjadi tugas dan tanggung jawab kementerian luar negeri.

"Ada orang mereka, kita larang juga masuk ke dalam (Indonesia). Mungkin semacam aksi reaksi, tapi kita serahkan forum diplomasinya ke Kemlu," ucap Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/5).

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyayangkan penolakan visa bagi WNI. Sebab banyak warga Indonesia yang berkunjung ke Yerusalem.

"Selaku Menag ini kaitannya dengan peribadatan ya. Banyak umat beragama yang harus mengunjungi Yerusalem. Kalau kota suci itu milik bersama sebenarnya," kata Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dome of Rock Yerusalem
Dome of Rock salah satu tempat suci Yahudi (Foto: SBS)

Lukman menegaskan Yerusalem adalah kota suci bagi Islam, agama yang dipeluk mayoritas warga Indonesia. Ia mengatakan banyak umat Muslim yang mengunjungi Baitul Maqdis di kota tersebut.

Meski belum bisa mengonfirmasi kebenaran larangan tersebut, ia berharap Israel memahami benar Yerusalem merupakan kota suci bagi penduduk dunia.

"Setiap penduduk dunia mestinya punya hak yang sama mengunjungi tempat suci. Mestinya tidak boleh ada larangan mengunjungi karena menjadi concern semua umat beragama," pungkas Lukman Hakim Saifuddin.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: CEAPAD ke-2, Indonesia Dorong Rekonstruksi dan Pemulihan Ekonomi Palestina

#Yerusalem #Israel #Kementerian Luar Negeri
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan