Islam Dikaitkan dengan Teroris, Begini Tanggapan Sekjen MUI Sekjen MUI Anwar Abbas. Foto: Net

MerahPutih.com - Pernyataan senator Australia, Fraser Anning yang menyalahkan umat Islam sebagai penyebab terjadinya teror di Selandia Baru terus mendapatkan kecaman.

Kali ini giliran Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyampaikan keberatannya terhadap ucapan Fraser. Sekjen MUI Anwar Abbas menilai cara pandang semacam itu sesat.

Sekjen MUI Anwar Abbas

"Kalau cara pandang seperti itu kita ikuti sebenarnya umat islam juga bisa menuduh dan mengaitkan kasus terorisme dan ekstrimisme yang dilakukan oleh Brenton Tarrant di New Zealand ini dengan agama dan negaranya, yaitu kristen dan Australia. Tapi kita umat islam tidak akan melakukan itu," kata Sekjen MUI Anwar Abbas kepada MerahPutih.com di Jakarta, Selasa (19/3).

Anwar mengimbau untuk tak mengkaitkan tindakan terorisme dan ekstremisme serta radikalisme yamg dilakukan oleh seseorang atau suatu kelompok dengan bangsa dan agama tertentu.

"Karena yang namanya tindakan terorisme dan ekstrimisme tersebut bisa saja dilakukan oleh siapapun juga dari berbagai etnis, bangsa dan agama seperti yang dilakukan Brenton Tarrant ini," jelas Anwar.

Anwar berpandangan jika dikaitkan dengan agama tertentu maka yang ada adalah memecah belah bangsa dan toleransi antar umat.

"Jika mengaitkan terorisme dan ekstrimisme yg ada dg salah satu agama karena hal itu jelas akan memperkeruh suasana dan itu jelas tidak elok bagi kehidupan bersama baik dalam skala lokal maupun global," tutup Anwar.

senator Australia, Fraser Anning
Senator Australia, Fraser Anning

Pernyataan Frasser Anning menuai kecaman dari berbagai kalangan insiden serangan teror yang menewaskan puluhan umat Muslim itu.

Selain menuduh muslim sebagai penyebab penembakan di Christchuch, pernyataan kontroversial lain dari Anning adalah menyerukan diakhirinya imigrasi dari negara muslim dan mengklaim bahwa semua teroris adalah muslim. (Knu)


berita-singlepost-banner-3

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4