Irjen Syahar Diantono, Rekan Seangkatan Kapolri yang Ditunjuk Gantikan Ferdy Sambo

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 09 Agustus 2022
Irjen Syahar Diantono, Rekan Seangkatan Kapolri yang Ditunjuk Gantikan Ferdy Sambo
Irjen Syahar Diantono. Foto: Dokumentasi Humas Polri

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Irjen Ferdy Sambo dari jabatan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Ferdy Sambo dimutasi sebagai pati Yanma Polri dan tengah menjalani proses etik akibat kasus kematian Brigadir J.

Baca Juga

Kapolri Bakal Umumkan Tersangka ke-3 Tewasnya Brigadir J

Posisi Kadiv Propam Polri diisi oleh Irjen Syahar Diantono. Penunjukan Syahar sebagai Kadiv Propam ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor 1628/VIII/KEP/20222 tertanggal 4 Agustus 2022.

Kapolri Listyo memimpin langsung pelantikan terhadap Syahar di Mabes Polri pada Senin (8/8).

karangan bunga berisi ucapan selamat atas pelantikan Irjen Pol. Syahar Diantono di lingkungan Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (8/8/2022). ANTARA/Laily Rahmawaty

Sebelum diangkat sebagai Kadiv Propam, Irjen Syahar Diantono menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Pria berusia 52 tahun ini ternyata merupakan teman satu angkatan dengan Kapolri Listyo Sigit di Akademi Kepolisian (Akpol) 1991.

Irjen Syahar sudah banyak mengemban tugas di Korps Bhayangkara. Sejak 2010, ia dipercaya sebagai Kapolres Pasuruan, Jawa Timur.

Baca Juga

Jokowi Tak Ingin Citra Polri Babak Belur di Kasus Penembakan Brigadir J

Setahun berselang, ia menjabat sebagai Wakil Direktur Kriminal Khusus Polda Jawa Timur. Karier Syahar makin moncer setelah ia ditarik ke Mabes Polri dan didapuk sebagai Kasubdit VI Dittipideksus Bareskrim Polri pada 2012.

Dua tahun berselang, Syahar dipercaya menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Riau.

Selain di bidang reserse, Irjen Syahar juga dipercaya mengemban tugas sebagai Kabagpenum Divhumas Polri pada tahun 2018.

Di tahun 2019, Syahar menjadi jenderal bintang satu atau brigjen karena ditunjuk sebagai Kepala Biro Pengelolaan Informasi dan Data (PID) Divisi Humas Polri.

Pada 2020, Syahar menduduki jabatan Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim. Di tahun yang sama, dia didapuk menjadi Wakabareskrim Polri dan meraih pangkat bintang dua. (Knu)

Baca Juga

Diperiksa Orang Nomor Dua di Polri, Ferdy Sambo Belum Dikeluarkan dari Mako Brimob

#Breaking #Mabes Polri #Kadiv Propam Mabes Polri
Bagikan
Bagikan