Promosi Jadi Kabaharkam, Irjen Firli Saat Ini Ogah Pikirkan KPK Ketua KPK terpilih Firli Bahuri. Foto: ANTARA

Merahputih.com - Mabes Polri resmi mempromosikan Irjen Firli Bahuri menjadi Kepala Badan Pemelihara Keamanan Ketertiban (Kabaharkam) Polri dan dilantik hari ini.

Ketua KPK terpilih untuk periode 2019-2023 itu akan menjadi Kabaharkam dengan waktu yang singkat yakni 1 bulan. Firli mengaku tak masalah menjadi Kabaharkam hanya dalam sebulan menggantikan Komjen Chondro Kirono yang memasuki masa pensiun.

Baca Juga:

Kata Ketua KPK Soal Keraguan Publik Terhadap Irjen Firli Cs

"Begini, pekerjaan tidak hanya bisa dilihat dengan waktu tetapi bagaimana kita melakukan sesuatu melalui proses dan hasil," ucap Firli di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Firli mengaku akan fokus terlebih dahulu dengan jabatannya sebagai Kabaharkam. Bahkan, dia menegaskan saat ini belum mau memikirkan tentang tugas barunya nanti menjadi Ketua KPK.

"Saya belum bisa bicara kalau ditanya tentang KPK karena hari ini saya masih Kabaharkam. Kita fokus dulu kepada Kabaharkam," tegas jenderal polisi bintang dua itu.

Firli Bahuri. Foto: ANTARA

Tugas yang menantinya sebagai Kabaharkam adalah pengamanan di Pilkada Serentak tahun 2020 di 270 daerah. Pihaknya pun mengaku sudah berkoordinasi dengan eks Kabaharkam Komjen Condro Kirono.

"Sudah kami petakan daerah mana saja yang rawan. Setiap Pilkada ada kerawanan, mulai dari logistik, kampanye, pemungutan suara hingga tahapan bila ada gugatan di MK," katanya.

Selain itu pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 juga akan menjadi prioritasnya. Sebelum dilantik sebagai Kabaharkam Polri, Firli menduduki jabatan Kapolda Sumatera Selatan. Mutasi jabatan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/3020/XI/KEP/2019 yang ditandatangani AS SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri S.

Baca Juga:

Di Hadapan Ketua KPK, Kapolri Janji Tuntaskan Kasus Novel Baswedan

Selain Firli, sejumlah perwira tinggi Polri lainnya juga menjalani sertijab hari ini. Yakni Irjen Priyo Widyanto sebagai Kapolda Sumsel, Irjen Muktiono sebagai Kapolda Kalimantan Timur, Brigjen Anang Syarif Hidayat sebagai Kapolda Kepulauan Bangka Belitung. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH