Irjen Firli Enggan Beberkan Rahasia Strategi Berantas Korupsi Irjen Pol Firli Bahuri lolos jadi Capim KPK (Foto/Antaranews)

MerahPutih.com - Capim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Firli Bahuri mengaku menulis soal inovasi dirinya memberantas korupsi dalam uji makalah di depan anggota Komisi III DPR.

Firli mengatakan dirinya juga membeberkan soal strareginya memberantas korupsi. Sayangnya, Kapolda Sumatera Selatan ini enggan membeberkan isinya di depan awak media.

Baca Juga

KPK Bantah Pernyataan Irjen Firli Bahuri Terkait Pelanggaran Etik

"Proses yang jelas kita sebagai warga negara sama-sama cinta dengan KPK. Sama-sama cinta dengan negara kesatuan republik Indonesia, sama- sama ingin menunjukkan bahwa kita ingin mewujudkan tujuan negara. Saya kira itu," kata Firli di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (9/9)

Irjen Pol Firli Bahuri lolos jadi Capim KPK
Irjen Pol Firli Bahuri tegaskan tugas KPK tidak hanya OTT (Foto: antaranews)

Saat ditanya soal revisi UU KPK, Firli menilai, upaya itu adalah hak DPR.

"Kita harus lihat di dalam tata negara di dalam UUD 1945 bahwa kewenangan untuk membentuk UU maupun melakukan revisi uu, itu adalah hak pemerintah, legislatif, saya kira itu. Jadi kita patuhi itu aja. Saya gabisa komentar apakah itu harus atau tidak, karena saya belum baca UU nya," jelas Firli.

Baca Juga

Dicecar Pansel Soal Terima Gratifikasi, Irjen Firli: Saya Masih Punya Harga Diri

Firli mengaku, dirinya sama sekali tak ada niat melemahkan KPK seperti yang dituduhkan banyak kalangan.

"Saya sudah lama di sana setahun 2 bulan. Saya kira tidak ada upaya untuk pelemahan KPK tidak ada. Kita justru memperkuat KPK," kata mantam Deputi Penyidikan ini.

Firli juga memastikan tak ada pelanggaran etik yang pernah ia lakukan. Sayangnya ia enggan menjawab secara gamblang soal isu dia pernah bertemu dengan eks Gubernur NTB TGB Zainul Majdi yang saat itu tengah berstatus terperiksa.

Baca Juga

Irjen Firli: Pemberantasan Korupsi Tak Hanya Cukup dengan OTT

"Mohon maaf, itu sudah kita jelaskan kpd uji publik. Nanti kalau seandinya komisi III menanyakan kita akan jawab lagi," jelas Firli. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH