Irjen Fadil Imran Spesialis Reskrim Jakarta Kembali Ke Ibu Kota

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 16 November 2020
Irjen Fadil Imran Spesialis Reskrim Jakarta Kembali Ke Ibu Kota
Irjen Fadil dan Wakapolri Gatot. (Foto: Div Humas Polri).

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Idham Azis menunjuk Irjen Fadhil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya. Ia menggantikan Irjen Nana Sudjana, yang dicopot karena gagal dalam melaksanakan penegakan protokol kesehatan COVID-19 saat kedatangan dan acara pernikahan anak Rizieq Shihab.

Irjen Fadil Imran, saat ini menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim) dipilih menggantikan Nana. Otomotis, setelah hampir satu tahun di Jatim, ia kembali ke Ibu Kota Jakarta.

"Ada dua kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan," kata Argo.

Baca Juga:

Gegara Rizieq Shihab, Anies Dipanggil Polisi

Argo juga menjelaskan pengganti Irjen Rudy Sufahriadi dalam jabatan Kapolda Jawa Barat (Jabar). Irjen Rudy akan digantikan oleh Irjen Ahmad Dofiri, yang saat ini menjabat sebagai Asisten Kapolri bidang Logistik (Aslog). Irjen Rudi Sufahradi hanya menjadi Widyaiswara Tingkat I Lemdiklat Polri.

Selain dua jenderal, Kombes Heru Novianto digantikan Kombes Hengki Haryadi. Heru dipindah menjadi pamen Brimob Polri. Dan Kapolres Bogor AKBP Ronald Ronaldy juga dicopot digantikan AKBP Febriansyah yang sebelumnya sebagai Wakil Direktur Krimimal Khusus Polda Jabar.

Kapolda Metro Jaya
Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana. (Foto: Kanugrahan)

Profil Fadil Imran

Fadil merupakan Alumni Akademi Polisi (Akpol) tahun 1991. Ia lebih banyak berkecipung dalam bidang reserse. Pada 2008, menjabat Kasat III Ditreskrimum Polda Metro Jaya lalu digeser menjadi Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok.

Tidak lama mengepalai Polres, Fadil ditarik ditarik ke Polda Metro Jaya menjadi Wadir Reskrimum lalu ditarik ke Mabes Polri dan menduduki jabatan Kasubdit IV Ditpidum Bareskrim Polri.

Dari Bareskrim, ia menjadi Direktur Ditreskrimum Polda Kepulauan Riau. Dan lalu kembali ke Jakarta sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat. Dari Kapolres ini, karirnya terus melejit menjadi Analis Kebijakan Madya (Anjak Madya) Bidang Pidum Bareskrim Polri, lalu Direktur Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Ia menyandang bintang satu, saat menjabat sebagai Dirtipid Siber Bareskrim Polri, lalu menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri Jendral Idham Aziz hingga tahun 2020 dan akhirnya diangkat menjadi Kapolda Jawa Timur. Kini, Fadil kembali ke Jakarta sebagai Kapolda Metro Jaya. (Knu)

Baca Juga:

Irjen Pol Nico Afinta Diangkat Sebagai Kapolda Jatim

Bagikan
Bagikan