Irit Ongkos Karena Mudik Gratis

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 18 April 2023
Irit Ongkos Karena Mudik Gratis
penumpang ka mudik

MerahPutih.com - Antusiasme warga untuk mudik lebaran kembali terlihat, setelah lebih dari dua tanun Indonesia diterpa pandemi COVID- 19. Bahkan, kini berbagai lembaga kembali menyediakan mudik gratis kepada masyarakat.

Salah seorang warga, Marlia (36) mengaku senang bisa pergi mudik gratis dari program Jasa Raharja. Marlia bersama empat anak dan suaminya pergi mudik menggunakan kereta api dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya.

Baca Juga:

Timbunan Sampah Mudik Lebaran Bisa Mencapai 49.520 Ton

"Senang, alhamdulillah kemarin karena COVID nggak bisa mudik, sekarang bisa mudik. Ada mudik gratis lagi," kata Marlia ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (18/4).

Marlia yang merupakan warga Tanah Abang, Jakarta Pusat ini menyampaikan akan menaiki KA Kertajaya.

"Jam 1 malam sampai Pasar Turi, naik kereta Kertajaya," ucap Marlia.

Senada juga diungkapkan, Susilo, 45, yang juga senang dapat program mudik gratis ke Grobogan, Jawa Tengah.

"Tujuannya ke Grobogan, naik kereta Jayabaya. Jalan jam 16.45 WIB sampai sana 00.30 WIB tiba di Grobogan," ungkap Susilo.

Pria yang bekerja sebagai jasa bangunan ini mengakui, tarif angkutan umum bisa naik 100 persen pada musim mudik lebaran.

Ia yang hanya pergi mudik seorang diri mengaku sangat senang, karena irit untuk mengeluarkan ongkos.

"Senang sekali kalau naik bus Rp 400 ribu, dari hari biasa Rp 200 ribu,"

Volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen terus meningkat dan mulai memasuki masa puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023/1444 Hijriyah.

Keberangkatan penumpang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Selasa (18/4) sekitar 41.700 orang. Terdiri dari sekitar 23.700 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi.

Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 18.000 dengan layanan 38 KA beroperasi.

Berdasarkan data Selasa 18 April 2023 sekitar 575.000 tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual.

Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 s.d 23 April 2023.

Data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18, 19 dan 21 April 2023 dimana tingkat okupansi telah mencapai 100 persen.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung. (Pon/Asp)

Baca Juga:

Pemudik Arah ke Jakarta Diminta Tidak Masuk Tol

#Mudik Gratis #Mudik #Arus Mudik #Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan