Pernikahan Kahiyang-Bobby

Jokowi: Prosesi Siraman Wujud Membersihkan Diri

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 07 November 2017
Jokowi: Prosesi Siraman Wujud Membersihkan Diri
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) diidampingi keluarga menyalami tamu seusai prosesi memasang bleketepe di atas gerbang kediamannya di kawasan Sumber, Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11). (Antara/Maulan

MerahPutih.com - Pasangan calon mempelai Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution menjalani prosesi siraman. Prosesi siraman yang dilakukan oleh putri Presien Joko Widodo (Jokowi) dilangsungkan di kediaman pribadi di kawasan Sumber, Banjarsari, sementara Bobby menjalani siraman di Hotel Alila, tempat keluarganya menginap selama di Solo. Acara berlangsung tertutup bagi awak media.

“Ada maknanya, siraman dengan menggunakan air dari tujuh sumber mata air. Bagi orang jawa tujuh itu merupakan angka pitu dan pitu itu berarti pertolongan,” jelas salah seorang budayawan Jawa KPA Winarno Kusumo saat diwawancarai Merahputih.com, Selasa (7/11).

Menurut adat orang Jawa, air yang digunakan untuk siraman itu diambil dari tujuh sumber mata air yang berbeda. Saat siraman Kahiyang dan Bobby menggunakan sumber mata air, di antaranya Keraton Solo, Keraton Yogyakarta, Istana Negara, Istana Bogor, hingga kediaman pribadi Presiden Jokowi.

Seusai siraman, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta kedua putranya, yakni Gibran Rakabuming Raka dengan Kaesang Pangarep, menemui awak media.

“Alhamdulilah, siraman sudah selesai. Siraman itu mewujudkan, kita sebagai manusia membersihkan diri dari hal yang kotor,” katanya.

Berita ini berdasarkan laporan Win, kontributor Merahputih.com untuk Solo dan sekitarnya. Baca juga berita persiapan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di: Inilah Tahapan Awal Prosesi Pernikahan Kahiyang dan Bobby

#Kahiyang Menikah #Jokowi Mantu
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan