Iran Tembak Jatuh Drone di Kota Pelabuhan Mahshahr, AS-Israel Bungkam Dokumentasi foto pesawat tempur nirawak jenis Fotros Drone-7 HR milik militer Iran (IRNA)

MerahPutih.com - Militer Iran menembak jatuh pesawat nirawak (drone) milik negara asing, pada Jumat (8/11). Demikian menurut laporan Kantor Berita IRNA, mengutip seorang pejabat Iran.

"Pesawat nirawak yang jatuh itu pasti milik negara asing. Bangkainya telah ditemukan dan sedang diselidiki," kata gubernur Provinsi Khuzestan selatan, Gholamreza Shariati, dikutip Antara.

Baca Juga:

Ketegangan Laut China Selatan, Kapal Tiongkok Jauhi Perairan Vietnam

Media Iran sebelumnya melaporkan bahwa militer menembak jatuh pesawat nirawak di atas kota pelabuhan Teluk, Mahshahr di Provinsi Khuzestan, tanpa memberikan informasi lebih lanjut.

Ratusan ribu berdemo menentang Trump, meneriakkan "Mati untuk Amerika" /file (Reuters/nation.com.pk) (Reuters/nation.com.pk/)
Ratusan ribu berdemo menentang Trump, meneriakkan "Mati untuk Amerika" /file (Reuters/nation.com.pk) (Reuters/nation.com.pk/)

Pejabat dan media Iran tidak menyebutkan apakah itu drone militer atau sipil, atau dari negara mana pesawat nirawak itu berasal.

Tidak ada komentar dari Amerika Serikat mengenai hal itu.

Baca Juga:

Turki Tangkap Saudara Perempuan Abu Bakr Al-Baghdadi

Sementara itu, musuh bubuyutan Iran, Israel, menolak mengomentari insiden tersebut, dengan juru bicara militer Israel mengatakan: "Kami tidak mengomentari laporan dari media asing."

Presiden Iran Hassan Rouhani pada Selasa (5/11) mengatakan Iran akan kembali ke kondisi masa lalu, hanya jika semua pihak mencapai kesepakatan menyangkut Rencana Aksi Menyeluruh Bersama (JCPOA) dan sanksi dicabut (IRNA)
Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto: Antara/IRNA)

Kantor Berita Tasnim menyebutkan pesawat nirawak tersebut "ditembak di atas wilayah udara Iran dengan misil Mersad militer buatan dalam negeri."

Saluran TV al-Alam Iran berbahasa Arab melaporkan: "Penduduk kota pelabuhan Imam Khomeini mendengar suara misil ditembak pada Jumat pagi." (*)

Baca Juga:

AS Ancam Hancurkan Ekonomi Turki


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH