IPW Sarankan Kabareskrim Polri Harus Dekat dengan Para Ulama

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 06 November 2019
 IPW Sarankan Kabareskrim Polri Harus Dekat dengan Para Ulama
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Jabatan Kabaresrim Polri yang ditinggalkan Jenderal Idham Azis diharapkan segera diisi dengan figur terbaik dari korps Bhayangkara.

Indonesia Police Watch (IPW) menyebut, ada empat nama yang jadi kandidat kuat pemgisi jabatan Kabareskrim Polri. Keempatnya merupakan jenderal bintang dua (Irjen).

Baca Juga:

IPW Paparkan Pentingnya Pimpinan KPK Dari Unsur Kepolisian

Mereka adalah Kadiv Propam Irjen Sigit, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Edi, Deputi Operasi Polri Irjen Sormin, dan Kapolda Sumut Irjen Agus.

IPW ingatkan Kabaresrim baru harus dekat dengan para ulama
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. (MerahPutih/Rizki Fitrianto)

"Keempatnya merupakan figur figur jenderal yang memiliki prestasi masing masing di tempat tugasnya," kata Presidium IPW Neta S Pane kepada merahputih.com, Rabu (6/11).

Neta melanjutkan, meskipun memilih Kabareskrim adalah hak proregatif Kapolri, namun dalam memilih Kabareskrim yang baru, IPW berharap, Kapolri melihat beberapa aspek.

Setidaknya, ada empat aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih Kabareskrim yang baru.

"Pertama, aspek senioritas. Kedua, mencermati dinamika internal. Ketiga, figur calon mempunyai pengalaman yang mumpuni di bidang reserse. Keempat, faktor kedekatan dengan ulama," terang Neta.

Neta melihat, faktor kedekatan dengan ulama menjadi penting.

Neta melihat, ulama masih dipandang sebagai panutan oleh masyarakat di negeri ini. Situasi ini tentunya bisa bersinerji dalam menjaga stabilitas Kamtibmas.

Selain itu adanya isu radikalisme dan dampak ketegangan di era Pilpres 2019 bisa diminimalisasi.

"Setidaknya, adanya isu kriminalisasi terhadap ulama di sepanjang Pilpres 2019 bisa dinetralisir dan dituntaskan dengan pendekatan pendekatan kemitraan," jelas Neta.

Neta berharap figur senior yang menjadi Kabareskrim bisa menyelesaikan dan menuntaskan perkara yang ditinggalkan Idham Azis.

Baca Juga:

IPW Sebut Inisial 7 Jenderal Purnawirawan Polri Peserta Rapat Makar Eks Kapolda Metro

Dengan demikian Kabareskrim tsb bisa membantu tugas tugas Kapolri yang baru dalam menjaga stabilitas keamanan maupun dalam melakukan penegakan hukum.

"Yang terpenting tugas Kabareskrim yang baru harus bisa menuntaskan kasus Novel Baswedan, sehingga Polri maupun Kapolri yang baru tidak terus menerus tersandera kasus penyiraman air keras tersebut," pungkas Neta.(Knu)

Baca Juga:

Irjen Firli Digadang Calon Kuat Ketua KPK, IPW: Barisan Novel Baswedan Gentar

#IPW #Kabareskrim Polri #Polri
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan