IPSI Berperan Hilangkan Jatidiri Pencak Silat

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 18 September 2016
IPSI Berperan Hilangkan Jatidiri Pencak Silat
Workshop bertema "Mengenal Keunikan Beladiri Tradisional di Daerah Pesanggrahan" di Jakarta Selatan, Sabtu (17/9). (Foto: MerahPutih/Muchammad Yani)

MerahPutih Budaya - Sebagai salah satu budaya khas Indonesia, silat memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan ilmu beladiri yang berasal dari luar negeri. Apalagi, gerakan yang dimiliki silat berbeda pada setiap perguruan.

Guna menyatukan beragam aliran beladiri silat di Indonesia, terdapat organisasi induk pencak silat bernama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Berbagai pertandingan antara perguruan pun sering dilakukan organisasi yang di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) ini.,

Namun, IPSI ternyata dapat berperan dalam hilangnya ciri khas gerakan di setiap aliran silat. Hal tersebut diutarakan Rama Wijaya, seorang praktisi silat dalam workshop bertema "Mengenal Keunikan Beladiri Tradisional di Daerah Pesanggrahan" di Jakarta Selatan, Sabtu (17/9).

"Bisa saja suatu saat gerakan silat itu sama semua, cuma beda perguruan saja," ucapnya.

Banyak amputasi teknik silat pada setiap kejuaraan silat. Selain itu, terdapat juga jurus wajib IPSI yang harus dimiliki setiap perguruan. Hal ini membuat banyak perguruan silat mengabaikan gerakan-gerakan khas pada silatnya.

"Penyeragaman di satu sisi bagus demi memudahkan penilaian, tapi dari segi tradisi akhirnya banyak perguruan yang kehilangan jatidiri," tutur Rama. (Yni)

BACA JUGA:

  1. Tidak Hanya Bela Diri, Jawara Silat Majukan Kuliner dan Budaya
  2. Komunitas Lumbuk, Rumah Kedua Jawara Silat Jabodetabek
  3. Jalin Silaturahmi, Jawara Silat Jaga Seni dan Budaya
  4. Silat Beksi Tradisional Haji Hasbullah, Silat yang Ajarkan Rendah Hati
  5. Pertunjukan Silat Meriahkan Lebaran Betawi Tangsel 2016
#Ikatan Pencak Silat Indonesia #Pencak Silat
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan