iPhone Kini Bisa Jadi Kunci Digital untuk Mobil BMW BMW menjadi mobil pertama yang menggunakan Apple CarKey. (Foto: BMW)

APPLE telah mengumumkan beberapa pembaruan perangkatnya di acara virutal Worldwide Developers Conference 2020 (WWDC) 2020.

Raksasa teknologi AS tersebut juga memperkenalkan inovasi teknologi terbarunya dalam meningkatkan fungsi kunci digital baru. Kunci digital ini akan terkoneksi dengan pemiliki iPhone sehingga dengan menyentuh mobil, pintu akan terbuka sendiri.

Baca juga:

Deretan Gadget Apple yang Masih akan Kebagian Sistem Update Terbaru

Melansir laman The Verge, Apple ternyata menjalin kerja sama dengan BMW untuk menghadirkan kunci digital. Fitur ini merupakan bagian dari iOS 14 yang baru saja dirilis dan menggunakan teknologi komunikasi jarak dekat (NFC).

NFC memungkinkan pengguna untuk mengetuk telepon mereka di dekat pegangan pintu untuk membuka kunci mobil. Tidak hanya iPhone, kunci digital ini juga berlaku untuk Apple Watch.

 iPhone Kini Bisa Jadi Kunci Digital untuk Mobil BMW
Hanya berlaku di beberapa tipe BMW saja. (Foto: The Verge)

Untuk mengoperasikannya, pengguna harus menggunakan fitur Carkey di iPhone atau Apple Watch. Fitur ini juga memerlukan si pengguna perangkat melakukan keamanan esktra, biasanya di dalam atau sekitar pegangan pintu mobil.

Setelah itu, pengguna hanya tinggal memegang perangkat Apple kemudian dekatkan dengan sistem NFC yang ada di mobil.

Baca juga:

Apple Perkenalkan macOS Big Sur dengan Desain dan Tampilan Baru

Pengguna tidak akan diminta untuk mengonfirmasi identitas dengan Face ID atau kode sandi, tetapi kamu dapat mematikan dengan yang disebut “Mode Eskpres” untuk keamanan tambahan. Fitur ini juga berlaku untuk iOS 13.

Jika pengguna ingin membagikan kunci mobil, mereka dapat melakukannya lewat aplikasi Pesan. Perangkat ini juga bisa digunakan lebih jauh, seperti membatasi akselerasi, kecepatan tinggi, dan volume stereo.

Apple mengatakan kunci mobil digital ini tidak menggunakan jaringan.Kunci digital ini menjanjikan keamanan dan bisa bertahan selama lima jam setelah iPhone dimatikan karena kehabisan baterai.

 iPhone Kini Bisa Jadi Kunci Digital untuk Mobil BMW
Akan memulai produksi di 1 Juli 2020. (Foto: CNET)

BMW menjadi mobil pertama yang menawarkan Apple CarKey. Fitur ini akan tersedia di 2021 untuk seri BMW 2021 mulai 1 Juli 2020 di 45 negara. Seri tersebut adalah model 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, X5, X6, X7, X5M, X6M dan Z4.

Apple juga mengonfirmasi mereka sedang mengerjakan kunci digital generasi berikutnya yang menggunakan teknologi Ultra Wideband untuk kesadaran spasial yang disampaikan melalui chip U1.

Nantinya, pengguna dapat membuka mobil tanpa terlebih dahulu mengeluarkan iPhone dari saku atau tas mereka. (and)

Baca juga:

Apple Berjanji Sumbang Rp1,4 Triliun Untuk Perangi Rasialisme


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH