iOS 13 Bakal Mengubah iPhone Kamu dari 7 Fitur Ini Apple iOS 3 menghadirkan 7 fitur baru. (Foto: express.co.uk)

APPLE baru saja secara resmi mengeluarkan pembaruan sistem operasi yaitu iOS 13. Selain memberikan tampilan baru pada iPhone kamu, iOS 13 ini dikatakan akan memberikan update utama pada aplikiasi-aplikasi yang kamu gunakan harian dan memberikan cara baru untuk membantu kamu melindungi privasi kamu.

Dilansir dari apple.com, akan ada peningkatan dalam seluruh sistem yang akan membuat iPhone kamu semakin cepat dan lebih nyaman digunakan. Kira-kira apa saja ya tujuh fitur baru yang ditawarkan iOS 13 ini?

1. Tampilan gelap baru

iOS 13 Bakal Merubah iPhone Kamu dari 7 Fitur Ini
Dark Mode bakal memanjakan matamu. (Foto: express.co.uK)

Bagi para pecinta layar gelap, fitur ini pasti akan kalian sukai nih! Telah tersedia untuk Mac hampir setahun yang lalu, para pengguna iPhone kini telah bisa mendapatkan akses Dark Mode sehingga tampilan layarmu akan terlihat lebih gelap.

Selain meningkatkan nilai estetika, Apple mengatakan fitur Dark Mode mampu menghantarkan pengalaman melihat yang lebih bagus, apalagi pada situasi lingkungan yang kurang cahaya.

Kamu bisa mengganti pengaturan ke Dark Mode sebagai pengaturan standar atau kamu bisa mengaktifkan mode ini beberapa kali saja jika dibutuhkan.

2. Mempermudah menemukan foto

iOS 13 Bakal Merubah iPhone Kamu dari 7 Fitur Ini
Fitur baru dalam applikasi Photos. (Foto: express.co.uk)

Dalam Photos, aplikasi iPhone yang berfungsi sebagai galeri foto ini akan diperbaharui di iOS 13. Ada ribuan foto yang kamu ambil dari hari ke hari sehingga terkadang kamu akan mengalami kesulitan mencari foto tersebut. Di iOS 13, Apple akan mempermudah kamu untuk menemukan foto dan juga mengedit foto tersebut ke gambar terbaik.

Sistem operasi iOS 13 akan diperbaharui sehingga iPhone kamu menyortir foto-foto terbaik dan secara otomatis menyembunyikan kekacauan dan gambar-gambar yang serupa untuk membedakannya dengan berbagai peristiwa dari berbagai waktu.

Mengedit foto juga menjadi lebih maksimal dengan adanya tool-tool baru yang lebih mudah digunakan. Hanya dengan sekali geser, kamu bisa mendapatkan efek foto untuk menghasilkan tampilan yang sempurna. Selain edit foto, kini iOS 13 juga memungkinkan kamu untuk edit video dengan fitur rotate, filter, dan crop.

3. Privasi yang ditingkatkan

iOS 13 Bakal Merubah iPhone Kamu dari 7 Fitur Ini
Apple menghadirkan fitur Apple ID untuk melindungi data personal kamu. (Foto: express.co.uk)

Saat ini, jika kamu ingin menggunakan aplikasi atau website baru, maka biasanya mereka akan menawarkan untuk sign in lewat Facebook untuk mempermudah. Tetapi hal ini akan beresiko agar data personal kamu digunakan untuk berbagai target promosi.

Daripada menggunakan metode ini, pengguna Apple nantinya akan bisa menggunakan Apple ID mereka untuk mengautentikasi sehingga Apple ID bisa melindungi informasi privasi para pengguna dengan menyediakan ID yang random.

4. Perbaharuan dalam aplikasi Reminders

iOS 13 Bakal Merubah iPhone Kamu dari 7 Fitur Ini
Aplikasi Reminders dipermudah dan bisa men-tag seseorang. (Foto: express.co.uk)

Aplikasi Reminders akan semakin berguna dengan adanya perbaharuan dalam tampilan. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah menambahkan waktu, tanggal, serta lokasi, flags, dan menambahkan attachments.

Berintegrasi dengan aplikasi Messages, perbaharuan ini juga mempermudah kamu untuk lakukan tag seseorang di reminder sehingga akan muncul pengingat ketika pengguna sedang berkirim pesan dengan orang yang namanya dicantumkan di reminders.

5. Kinerja iPhone kamu semakin cepat

iOS 13 Bakal Merubah iPhone Kamu dari 7 Fitur Ini
Kinerja iPhone kamu akan lebih cepat dengan ios 13. (Foto: express.co.uk)

OS baru ini membuat seluruh sistem lebih responsif dengan Face ID unlock yang lebih cepat dan juga memperkecil ukuran unduhan aplikasi sampai 50% di AppStore. Ini akan membuat update aplikasi 60% lebih kecil dan hasilnya pembukaan aplikasi dua kali lebih cepat.

6. Apple Maps baru

iOS 13 Bakal Merubah iPhone Kamu dari 7 Fitur Ini
Apple Maps baru memperbaharui cakupan jalan. (Foto: 9to5Mac)

Aplikasi Apple Maps kini memberikan cakupan jalan yang lebih luas dengan data pejalan kaki yang lebih baik dengan alamat yang lebih tepat dan informasi penutupan lahan yang lebih terperinci.

Namun sayangnya perbaharuan ini saat ini hanya tersedia di beberapa kota dan negara di seluruh Amerika Serikat pada akhir 2019 dan akan dikembangkan ke berbagai negara pada tahun 2020.

7. Memoji

iOS 13 Bakal Merubah iPhone Kamu dari 7 Fitur Ini
Memoji lengkap denganaksesoris baru. (Foto: express.co.uk)

Fitur yang paling ditunggu-tunggu terjadi di Messages. Ini akan secara otomatis membagikan nama serta foto pengguna, atau menggunakan Memoji atau Animoji untuk mempermudah menidentifikasi siapa yang mengirim pesan.

Karater Memoji yang sedang populer ini juga terbuat secara otomatis dan akan ditampilkan seperti paket stiker yang terpasang di kibor. Memoji ini juga menampilkan fitur gaya rambut yang bervariasi, ornamen kepala, makeup, tindikan, serta berbagai aksesoris. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya