Investor Tiongkok Segera Bangun PLTA di Kalimantan Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

MerahPutih.com - Perusahaan asal Tiongkok Hans Energy direncanakan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan, PLTA berkapasitas 150 MW itu telah mengantongi izin studi kelayakan (FS) dari Pemkab Nunukan sejak beberapa tahun lalu.

"Kalau izin FS sudah ada dari Pemkab Nunukan sejak beberapa tahun lalu. Sekarang rencananya akan melakukan studi amdal," kata Irianto usai paparan rencana studi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) PLTA tersebut di Nunukan, Jumat (19/1).

Ia mengatakan, profesinalitas Hans Energy sudah tidak diragukan, karena dirinya pernah melihat langsung saat mengunjungi negara tersebut.

"Saya pernah melihat langsung perusahaan ini di Tiongkok, memang sangat profesional dan cukup besar," katanya.

Sebenarnya rencana Hans Energy untuk berinvestasi dengan membangun PLTA di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan sudah lama. Namun, kata Irianto, ada kendala teknis sehingga terhambat dan baru akan dilanjutkan pembangunannya dengan studi amdal tersebut.

Melalui kajian studi amdal itu akan diketahui gambaran bentuk konstruksi dan letak bendungannya yang tepat.

Gubernur Kaltara mengharapkan, keberadaan PLTA ini nantinya dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat di wilayah perbatasan RI dan Malaysia.

Menurut dia, ketersediaan pasokan listrik akan menjadi pondasi masuknya investor ke Provinsi Kaltara khususnya Kabupaten Nunukan. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH