Pesona Indonesia

Investor Tiongkok Bakal Garap Potensi Kepulauan Togean

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 03 Maret 2018
Investor Tiongkok Bakal Garap Potensi Kepulauan Togean
Panorama di Kepulauan Togean (Foto: kemenpar.go.id)

MerahPutih.Com - Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah memiliki sejumlah potensi yang belum dikelola secara maksimal. Gugusan pulau yang terletak di Kabupaten Tojo Unauna itu ternyata menarik minat para investor Tiongkok.

Rencananya dalam waktu dekat ini, sejumlah investor Tiongkok akan mengembangkan potensi wisata bahari di Kepulauan Togean.

"Belum lama ini, investor asal Tiongkok sudah bertemu dengan Pak Bupati Tojo Unauna di Jakarta membahas ketertarikan mereka untuk berinvestasi di Kepulauan Togean," kata Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Tojo Unauna Manuwar Mapu dihubungi dari Palu, Sabtu (3/3).

Dia mengatakan, tertariknya investor Tiongkok itu berinvestasi di Kepulauan Togean, karena wilayah itu memiliki keindahan laut dan sudah dikenal oleh turis mancanegara.

Dalam pertemuan investor dengan Bupati Tojo Unauna Mohammad Lahay pada 27 Februari itu, kata Munawar, banyak membahas sejumlah keunggulan dan rencana pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Tojo Unauna khususnya wisata bahari di Kepulauan Togean.

“Investor tertarik karena wilayah Togean punya potensi besar dalam hal keindahan pulaunya, seperti laut, pulau-pulau kecilnya serta alam dan keindahan lainnya,” jelasnya.

Munawar sebagaimana dilansir Antara mengatakan Kepuluan Togean merupakan daerah yang memiliki keindahan pariwisata karena banyak pulau-pulau kecil, keindahan alam bawah lautnya serta alamya yang masih alami.

Para investor Tiongkok berencana berinvestasi dengan membangun destinasi wisata berupa cottage.

Pemerintah Tojo Unauna sendiri, kata Munawar Mapu, sudah memberi perhatian untuk meningkat promosi wilayah itu, melalui berbagai macam kegiatan, seperti Pesona Lipuku dan Tour de Central Celebes.

“Rencananya investor itu akan bangun hotel berbintang di Ampana (ibu kota Tojo Unauna)," katanya.

Munawar mengatakan dalam waktu dekat pihak investor akan melakukan survei lokasi dan data-data pendukung lainnya.(*)

#Wisata Bahari #Pesona Indonesia #Investasi Tiongkok
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan