Investor Kripto Meningkat, Berikut Tips Investasi Kripto yang Aman

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 31 Oktober 2023
Investor Kripto Meningkat, Berikut Tips Investasi Kripto yang Aman
Pentingnya pengetahuan investasi kripto. (Upbit)

INDONESIA telah menjadi salah satu pasar penting dalam industri cryptocurrency di Asia Tenggara. Selama beberapa tahun terakhir, jumlah investor aset kripto di Indonesia telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Menurut Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti), jumlah investor tumbuh sebesar 0,87 persen pada bulan Mei 2023. Kemudian menambahkan 15 ribu individu baru dari total sebelumnya sekitar 17,2 juta menjadi sekitar 17,4 juta investor cryptocurrency.

Selain itu, jika melihatnya dari perspektif tahunan, jumlah investor yang terdaftar di Bappebti meningkat sebanyak 3,28 juta orang, mewakili pertumbuhan sekitar 23,23 persen. Itu dibandingkan dengan data Mei 2022 yang mencapai sekitar 14,12 juta orang.

Resna Raniadi, VP of Operations Upbit Indonesia, menyatakan, "Peningkatan jumlah investor cryptocurrency mencerminkan minat dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pasar aset kripto. Hal ini juga tidak terlepas dari dukungan pemerintah dalam mewujudkan sektor inovasi teknologi keuangan, aset keuangan digital, dan cryptocurrency yang sehat."

Baca Juga:

Tips Bagi Investor Kripto Pemula Menghadapi Gejolak Market

Upbit tekankan pentingnya pendidikan investasi sebelum memulai. (Upbit)

Melihat pertumbuhan pesat investor cryptocurrency di Indonesia, Upbit menganggap penting untuk meningkatkan literasi dan edukasi mengenai cryptocurrency.

Terutama di antara banyaknya investor pemula yang hanya masuk ke pasar cryptocurrency karena efek Fear of Missing Out (FOMO). Kebanyakan dari mereka kurang memahami volatilitas pasar, tren permintaan cryptocurrency, dan ketidakpastian kondisi perdagangan. Bukan mustahil rentan membuat keputusan yang salah.

"Salah satu masalah umum yang sering terjadi karena kurangnya pengetahuan investor pemula adalah penipuan investasi cryptocurrency. Hal yang perlu diketahui masyarakat saat memulai investasi cryptocurrency adalah memeriksa keamanan dari exchanger yang dipilih untuk menyimpan aset, seperti penggunaan otentikasi dua faktor (2FA) untuk melindungi akses pengguna. Kemudian apakah platform yang disediakan oleh exchanger memberikan notifikasi kepada pengguna jika ada aktivitas mencurigakan," kata Resna Raniadi.

Baca Juga:

Pentingnya Edukasi ke Para Investor Kripto

Pemerintah turut dukung potensi ekonomi digital. (Unsplash/Jievani Weerasinghe)

Tahun ini, pemerintah telah mengambil beberapa langkah strategis untuk mendorong potensi ekonomi digital nasional. Termasuk mengatur aset digital oleh Bappebti. Lalu membentuk bursa berjangka komoditi cryptocurrency, bursa kliring, dan depository, dengan harapan dapat memberikan perlindungan lebih kepada masyarakat.

Resna Raniadi, VP of Operations Upbit Indonesia, menambahkan, "Investor pemula perlu berhati-hati dalam memilih exchanger yang dapat dipercaya. Pilih exchanger yang memiliki izin operasi dan legalitas di Indonesia serta terdaftar di Bappebti. Pendaftaran exchanger di lembaga pemerintah resmi menunjukkan bahwa exchanger tersebut telah melewati seleksi dan mematuhi aturan yang berlaku."

Dia menyimpulkan dengan menekankan pentingnya mempertimbangkan metode penyetoran dan penarikan dana yang disediakan oleh exchanger. Juga menyarankan untuk memilih exchanger yang menyediakan berbagai metode pembayaran. Seperti transfer bank, e-wallet, dan lainnya, untuk mempermudah penggunaan. (waf)

Baca Juga:

Upaya Reku Perkuat Layanan Investor Kripto

#Teknologi #Finansial
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan